Home >> Umum >> Tips Melunakkan Daging yang Alot
daging sapi

Tips Melunakkan Daging yang Alot

Di Hari Raya Besar atau Idul Adha seperti sekarang ini tentu jumlah daging yang disimpan dalam freezer sangat melimpah. Bahkan saking banyaknya daging yang dimiliki, bisa sampai satu minggu tidak habis – habis meski tiap hari dikonsumsi. Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. apalagi bagi yang ingin menaikan masa otot. Namun, ada satu masalah yang sering menakuti para pengkonsumsi daging yaitu selilitan.

Terkadang, daging yang sudah dimasak atau direbus sekian lama masih belum bisa mengatasi daging alot. Merebus daging terlalu lama tentu sangat tidak baik. Hal ini bisa menyebabkan kandungan gizi di dalam daging bisa berkurang banyak. Padahal kandungan gizi tersebut sangat penting bagi tubuh.

Bagi yang memiliki gigi yang kuat dan tidak bermasalah mengkonsumsi daging dengan berbagai teksur entah itu lembut, lunak atau bahkan alot tentu tidak akan menjadi masalah. Tetapi lain halnya dengan mereka yang memiliki masalah gigi seperti gigi berlubang, atau memiliki gigi yang jarang – jarang hal ini tentu akan menjadi masalah. Daging yang masih alot bisa menyebabkan selilitan yang akhirnya membuat sakit gigi.

Dengan jumlah daging yang tersimpan di kulkas atau freezer masih melimpah, sementara gigi sudah sakit karena selilitan masihkah terpikirkan untuk menghabiskan daging tersebut dengan kondisi sakit gigi?

Membuang daging yang tersimpan di kulkas sangat sayang bukan? Apalagi harga daging perkilonya saat ini sangat mahal. Solusinya, kenapa tidak membuat daging alot menjadi empuk? Bisa? Tentu saja. ada beberapa cara membuat daging empuk. Apa saja?

Berikut tips melunakkan daging alot :

Nanas

Sudah bukan rahasia lagi nanas merupakan bahan alami melunakan daging. Banyak penjual sate atau makanan berbahan daging lainya yang memanfaatkan nanas untuk melunakan daging secara alami. Selain karena bahan alami yang aman bagi jika dikonsumsi, nanas juga lebih murah bila dibandingkan dengan bahan pelunak daging lainya.

Tips melunakan daging dengan nanas

Gunakan nanas muda untuk mendapatkan hasil daging yang lebih lunak. Nanas yang sudah siap makan sebenanrnya juga bisa dan cukup efektif untuk melunakan daging alot secara alami. Satu yang perlu diperhatikan adalah waktu pencampuran buah nanas dengan daging. Sebaiknya jangan terlalu lama mencampurkan daging yang alot dengan nanas. Sebab, terlalu lama merendam daging dengan nanas bisa membuat daging hancur ketika dimasak. Apalagi jika daging tersebut dibuat untuk sate maka bukan setusuk sate yang empuk yang didapat melainkan satu tusuk sate dengan daging yang benar – benar hancur dan meleleh ke bara api yang didapat.

Keuntungan yang lain menggunakan nanas untuk melunakan daging alot adalah nanas bisa membuat daging terlihat lebih fresh. Namun sekali lagi, jangan terlalu lama mencampur daging dengan nanas sebab nanas bisa mengubah rasa masakan nantinya.

Daun pepaya

Selain buah nanas, cara melunakan daging secara alami lainya bisa dilakukan dengan daun pepaya. Umumnya, daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit. Masyarakat biasa mengkonsumsi daun pepaya sebagai krawu. Salah satu masakan tradisional ini dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun siapa yang mengira jika daun pepaya ini bisa dimanfaatkan untuk melunakan daging. Untuk menggunakanya, campurkan beberapa lembar daun pepaya yang telah diremas bersama dengan daging. Biarkan selama satu jam. Setelah itu coba rasakan, tekstur daging yang alot dan sering kali menimbulkan masalah selilitan sudah teratasi dengan daun pepaya. Tekstur daging menjadi lebih empuk dan lebih mudah dihancurkan oleh gigi. Makan daging pun aman dan tidak perlu takut lagi selilitan.

Buah pepaya

Tidak hanya daunya saja yang bisa digunakan untuk melunakan daging yang alot tetapi juga buahnya. Campurkan buah pepaya muda yang telah diiris kecil – kecil bersama dengan daging selama 1 jam. Setelah satu jam, tekstur daging yang alot dan sering menyebabkan gigi selilitan kini sudah teratasi. Tekstur daging telah menjadi empuk dan semakin nikmat. Tidak perlu lagi usaha ekstra untuk menghancurkan daging yang alot tersebut.

Demikian tips melunakkan daging secara alami. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang sering kali mengalami selilitan ketika makan daging khususnya makan daging alot.

Leave a Reply