Home >> Lamongan >> Asli Lamongan: Bolet
apa itu bolet?

Asli Lamongan: Bolet

Selain terkenal akan pariwisata dan kuliner, Lamongan juga memiliki budaya dan bahasa yang unik. Bahkan karena keunikanya, hal tersebut menjadi ciri khas dari Lamongan. sebagai contoh bagaimana ketika orang lamongan menyebut ketela pohon dengan nama Menyok. Kata ‘menyok’ ini mungkin bagi masyarakat lain di luar kabupaten Lamongan akan terdengar nyelentik dan sedikit menggoyang perut. Akhirnya orang yang belum familiar dengan kata menyok tersebut tersenyum usai mengetahui arti kata menyok ternyata adalah pohong atau sinkgong.

Selain kata menyok, lamongan juga masih memiliki beberapa kata lain yang asli lamongan. salah satu kata yang tak kalah menggelikanya dari menyok yaitu bolet. Yang dari luar kabupaten lamongan, pasti juga banyak yang belum tahu kan apa itu bolet?

Pengalaman penulis saat kuliah di Jombang di mana saat itu banyak teman dari penulis yang berasal dari berbagai daerah. Saat itu penulis dan teman – temanya sedang menikmati makan siang di kantin kampus. Usai makan, dibukalah beberapa gorengan yang ada di atas meja. Dilihatnya, ada bolet goreng yang mana penulis biasa menyebutnya dengan nama ‘godoh bolet’.

Penulis mengatakan, ‘wah ada godoh bolet, ini merupakan salah satu gorengan favorit saya,’. Sontak teman – teman penulis langsung terheran dan bertanya, ‘apa itu godoh bolet?’

Penulis yang saat itu tidak menyadari perbedaan bahasa yang digunakan membuat penulis juga tertawa. Dalam hati berkata, ‘apakah mereka sedang membuat candaan atau apa?’ namun penulis pun menjelaskan kepada mereka.

Sedikit lucu memang perbedaan budaya dan bahasa di antara mereka. Namun dari keberagaman suku, adat dan budaya di negeri ini semakin menambah khasanah bahasa di antara sesama. Dari kejadian tersebut, penulis akhirnya bisa bertukar pengetahuan tentang bahasa. Imbal balik yang baik ini juga merupakan semakin menguatkan hubugan persaudaraan.

Kesimpulan, pengertian kata bolet adalah kata lain dari ubi jalar. Di beberapa daerah, bolet atau ketela rambat ini juga memiliki nama yang lain. Sebagai contoh, warga Kediri biasa menyebut bolet dengan nama telo.

Inilah kekayaan bahasa yang dimiliki negeri ini. Bolet merupakan salah satu kata asli lamongan yang bisa dimasukan dalam pembendaharaan kata yang anda miliki.

Leave a Reply