Home >> Lamongan >> Menyok Asli Lamongan
arti kata menyok

Menyok Asli Lamongan

Ketika bertemu teman lama di sebuah forum pengajian, teman – teman biasa memanggil saya menyok. Begitu pun ketika saya memperkenalkan diri saya dihadapan para siswa dan siswi baru saya, mereka langsung menyebut kata ‘menyok’ begitu saya memperkenalkan kampung halaman saya.

Bagi anda yang belum pernah mendengarnya, kata ‘menyok’ mungkin anda akan bertanya – tanya, apa sih arti sebenarnya dari menyok?

Menyok bisa dibilang sudah membuming. Hampir semua orang dari berbagai propinsi di tanah air kemungkinan juga sudah tahu apa itu menyok. Kata ini memang sangat identik sekali dengan orang lamongan. sebab, hanya orang lamongan saja yang terbiasa menggunakan kata ini dalam kehidupan sehari – hari. Mungkin karena itulah, orang lamongan sering dipanggil menyok oleh orang dari daerah lain.

Arti dari kata menyok sebenarnya adalah nama dari salah satu tanaman umbi – umbian yang biasa dikonsumsi oleh masyakat. Bingung? Dari pada bertele – tele, singkatnya menyok merupakan kata lain dari ketela pohon atau singkong atau pohong. Kalau kata – kata tersebut pasti sudah tidak asing lagi kan?

Orang lamongan memang biasa mengatakan menyok untuk menyebutkan singkong. Karena kata menyok ini terdengar asing dan sedikit mengandung humor, banyak orang kemudian menggunakan kata ini untuk menyebut nama panggilan orang lamongan. jadi sebutan ini bukan berarti orang lamongan kulitnya hitam – hitam seperti kulit menyok. Itu hanyalah isitilah sebagai tanda keakraban antar teman. Jadi jangan dibawa hati jika dipanggil menyok.

Diambil dari sisi positifnya. Selain panggilan menyok bisa membantu lebih akrab dengan orang lain, menyok sejatinya juga merupakan tanaman umbi – umbian yang sangat sarat dengan sejarah bangsa ini. Bagaimana tidak, jauh sebelum masyarakat mengenal nasi dari beras mereka terbiasa mengkonsumsi menyok untuk mengganjal perut dari rasa lapar. Masyarakat kemudian mengolah menyok menjadi tiwul. Setelah mengenal beras, tiwul kemudian bergeser fungsi menjadi jajanan tradisional Indonesia. tiwul biasa disajikan dengan parutan kelapa muda. Campuran rasa khas dari menyok bercampur dengan gurih dan manisnya parutan kelapa muda membuat lidah anda serasa tidak ingin berhenti untuk mengambil suapan demi suapan lagi.

Meski mengenyangkan, menyok atau olahan menyok semacam tiwul atau yang lainya sering kali dipandang remeh oleh banyak orang. Mereka mungkin belum tahu nutrisi dan vitamin di dalamnya. Selain itu menyok merupakan serat alami yang sangat baik untuk kesehatan.

Leave a Reply