Home >> Lamongan >> Populasi Hewan Ternak Kurban di Lamongan Cukup
memilih hewan kurban yang layak

Populasi Hewan Ternak Kurban di Lamongan Cukup

Mendekati hari raya idul Adha yang jatuh pada tanggal 24 September 2015 besok, umat islam khususnya yang ada di kabupaten Lamongan tidak perlu cemas dengan ketersediaan hewan ternak. Sebab, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan menyatakan bahwa populasi hewan ternak kurban di lamongan cukup untuk idul adha nanti.

Menurut Sugeng Widodo, Kabag Humas dan Infokom Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan menyebutkan, populasi hewan ternak di lamongan masih aman. sampai dengan buli juli 2015, mereka mencatat ada 100.624 ekor sapi potong, 22 ekor sapi perah, 288 ekor kerbau, 95.847 ekor kambing dan 78.785 ekor domba.

Sugeng menambahkan , Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan juga akan mengadakan pemeriksaan kesehatan pada hewan – hewan kurban pada H-3. Rencananya, pemeriksaan hewan kurban di Lamongan ini akan dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten lamongan.

Pemeriksaan terhadap kesehatan hewan – hewan kurban ini merupakan langkah yang bijak yang dilakukan untuk memberikan jaminan kualitas hewan kurban. Dengan adanya langkah ini, masyarakat pun diharapkan tidak perlu cemas lagi dengan kesehatan hewan kurban sebagai salah satu syarat hewan kurban.

Sugengn menjelaskan untuk mengetahui hewan kurban sehat atau tidak bisa dilihat dari ciri – ciri sebagai berikut :

  • Pergerakan yang aktif
  • Bulu yang halus dan tidak rontok
  • Mata yang bersih dan jernih
  • Hidung terlihat basah, bersih dan tidak mengeluarkan cairan
  • Mulut dan gusi bersih
  • Celah kuku tidak terbuka
  • Kulit lentur atau elastis

Sugeng juga menyarankan agar masyarakat juga tetap selektif dalam memilih hewan kurban yang layak. Selain kesehatan, tentu syarat hewan kurban yang layak lainya juga harus dipehatikan seperti umur hewan dan ciri fisik hewan kurban tersebut.

Masing – masing hewan kurban memiliki ketentuan yang berbeda. Syarat hewan kurban sapi dan kerbau yaitu harus berumur kurang lebih 22 bulan. Sementara untuk kambing atau domba berumur 12 – 18 bulan.

Terkadang sedikit sulit untuk memprediksi umur hewan. Melihat dari bentuk fisik tentu makin rumit. Sebab, umur juga tidak bisa dipastikan dari ukuran berat dan tinggi badan hewan tersebut. Meski pada umumnya hewan dengan tubuh yang besar dan gemuk terlihat lebih tua.

Ada satu cara untuk melihat apakah hewan kurban tersebut sudah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban atau belum. Caranya adalah dengan melihat giginya. Sugeng menuturkan, hewan ternak yang layak dikurbankan yaitu jika sudah tanggal gigi susunya. Kesempurnaan fisik seperti tanduk dan kelengkapan anggota tubuh lainya juga harus diperhatikan. Jangan sampai hewan yang sudah dibeli ternyata tidak mencukupi persyaratan hewan kurban yang layak.

Leave a Reply