Home >> Lamongan >> Tips Mencari Kerja di Lamongan
tips mencari kerja di lamongan

Tips Mencari Kerja di Lamongan

Ada beberapa pilihan yang harus diputuskan secara bijak supaya setelah lulus sekolah atau kuliah tidak lagi bimbang. Keputusan untuk mencari kerja atau meneruskan pendidikan menjadi pilihan yang cukup rumit. Apalagi jika anda datang dari daerah yang jauh dari hingar bingar perkotaan.

Jika yang anda putuskan setelah selesai pendidikan adalah mencari pekerjaan, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Misalnya posisi apa yang anda inginkan dan gaji berapa yang anda tuntut dari pekerjaan tersebut. Tentu hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa hal yang mendasar seperti usia, pendidikan terakhir dan juga kemampuan.

Bagi anda warga lamongan, mencari pekerjaan di lamongan mungkin adalah prioritas bagi anda. Dengan bekerja di daerah sendiri, meski gaji tidak terlalu tinggi namun bisa mendapatkan setiap detik momen bersama keluarga tentu adalah hal yang lebih berarti dari pada gaji tinggi namun jauh dari kehangatan keluarga.

Mencari pekerjaan di lamongan saat ini cukup sulit, mengingat lapangan pekerjaan yang tidak terlalu luas dan juga persaingan yang ketat. Namun, lamongan merupakan kabupaten yang sangat potensial untuk berkembang. Saat ini banyak perusahaan – perusahaan besar yang memilih kabupaten lamongan sebagai tempat untuk mendirikan pabrik mereka. Beberapa perusahaan besar sudah mulai membangun proyek mereka di sejumlah wilayah. Kecamatan Ngimbang termasuk salah satunya. Di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang ini telah berdiri perusahaan gula terbesar di asia tenggara, PT. Kebun Tebu Mas dan tempat pengeboran minyak bumi milik PT. Pertamina.

Namun untuk bisa mendapatkan pekerjaan di lamongan, anda harus bersiap menghadapi persaingan yang ketat. Sebab, selain banyak pesaing dari dalam kabupaten sendiri juga banyak pencari kerja dari kabupaten lain yang ada di sekitar lamongan yang mencari pekerjaan di lamongan.

Untuk bisa berhasil melewati persaingan mencari kerja di lamongan ini, berikut tips yang bisa anda coba :

tips mencari pekerjaan di lamongan

Percaya diri

Percaya diri merupakan modal yang sangat penting dalam mencari kerja. Jika anda tidak terlalu percaya dengan diri anda sendiri, maka anda akan tersisih terlebih dahulu dengan para pencari kerja yang lebih aktif dari pada anda.

Untuk bisa membangun kepercayaan diri ini, ingatlah bahwa setiap orang memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Dengan begitu, anda tidak akan ragu lagi untuk melangkah menuju meja HRD dan menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan kepada anda. Namun, kepercayaan diri anda juga harus dibarengi dengan syarat yang bisa anda penuhi. Misalkan saja umur, tinggi badan, ijazah terakhir dan persyaratan lain yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Dengan syarat yang lengkap dan terpenuhi, tentu tidak ada ragu lagi untuk melangkahkan kaki menghadap HRD.

Silaturahim

Silaturahim sangat penting sekali dalam menciptakan link yang baik dengan orang lain. Dengan silaturahim ke banyak orang, maka informasi yang bisa anda kumpulkan terkait lowongan pekerjaan di lamongan juga semakin mudah anda dapatkan. Beberapa perusahaan, kantor, instansi pemerintah, toko dan lain sebagainya terkadang tidak memasang informasi lowongan pekerjaan secara meluas. Jadi informasi ini hanya bisa didapatkan dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, dengan bersilaturahim informasi ini bisa lebih cepat anda dapatkan. Anda pun memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk daftar antrian terdepan untuk meletaka lamaran kerja anda di meja HRD.

Depnakertrans

Untuk mendapatkan informasi terkini seputar lowongan di lamongan, anda bisa datang ke depnakertrans. Di papan pengumuman biasanya ditempel lowongan pekerjaan yang saat ini membuka peluang untuk perekrutan pegawai baru.

Kantor pos

Selain ke depnakertrans, anda juga bisa melihat banyak informasi lowongan pekerjaan di lamongan di kantor pos terdekat. Biasanya informasi lowongan pekerjaan banyak ditempel di kantor pos. anda tinggal mencari jenis pekerjaan yang anda inginkan.

Kunjugan ke lokasi

Terkadang beberapa perusahaan, kantor, toko atau tempat kerja lainya tidak memasang informasi lowongan pekerjaan di papan informasi yang ada di depnaker, kantor pos atau Koran. Jadi, anda harus lebih aktif berkunjung ke lokasi untuk menanyakan apakah sedang membuka lowongan pekerjaan atau tidak. Ketika melakukan kunjungan, sebaiknya anda juga membuat surat lamaran kerja karena siapa tahu saat itu lokasi yang anda datangi sedang membutuhkan tenaga baru. Jadi anda tidak akan bolak – balik lagi untuk mengantarkan CV ke tempat tersebut. Atau jika tempat tersebut sedang tidak membutuhkan tenaga baru, anda bisa saja menitipkan CV anda. Siapa tahu suatu saat jika perusahaan membutuhkan tenaga baru, CV anda yang sudah masuk akan diterima dan anda pun siap dipanggil.

Demikian tips mencari kerja di lamongan. semoga tips ini bermanfaat bagi anda job seekers. Tetap semangat dan terus berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan criteria yang anda miliki.

Leave a Reply