Home >> Lamongan >> Arti Lambang Lamongan yang Wajib Anda Ketahui
lambang kabupaten lamongan

Arti Lambang Lamongan yang Wajib Anda Ketahui

Ketika berkeliling kota lamongan, saya melihat ada tugu besar di tengah jalan yang di bagian atasnya terdapat patung ikan lele dan bandeng. Saya pun menjadi penasaran kenapa ikan lele dan bandeng yang digunakan ? kenapa tidak soto yang memang sudah menjadi ciri khas kabupaten lamongan.

Setelah berpikir sejenak, saya baru ingat bahwa ikan lele dan bandeng merupakan lambang kota lamongan. saya pun semakin tertarik untuk mengetahui arti lambang tersebut.

Setelah bertanya dan mencari referensi dari berbagai sumber, saya akhirnya menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Lambang kabupaten lamongan ternyata sangat erat sekali dengan wilayah dan sejarah panjang kota lamongan.

bandeng lele

Penasaran apa arti lambang kabupaten lamongan? berikut ulasanya untuk anda.

Arti lambang lamongan :

Segilima sama sisi

Arti segilima sama sisi pada lambang Kabupaten Lamongan melambangkan dasar Negara pancasila.

Bintang

Pada lambang kabupaten Lamongan, terdapat sebuah bintang berwarna kuning yang memancarkan sinar yang terang ke semua penjuru. Bintang pada lambang kabupaten Lamongan melambangkan sila yang pertama yaitu ketuhanan yang maha Esa

Keris

Keris memiliki arti tersendiri bagi warga lamongan. keris erat kaitanya dengan latar belakang sejarah yang panjang nama lamongan. keris pada lambang Kabupaten Lamongan melalmbangkan kewaspadaan. Sejarah singkat, Sunan Giri IV saat itu merasa resah dengan kedatangan bangsa portugis ke tanah lamongan. hingga kemudian Sunan Giri memutuskan Rangga Hadi sebagai adipati pertama lamongan. Rangga Hadi dikenal juga sebagai Mbah Lamong. Dipanggil Mbah Lamong karena dia dikenal suka ngemong anak kecil. Ada pula versi lain yang menyebutkan karena kedatangan Mbah Lamong dulu dengan menyusuri kali Lamong.

Bukit atau gunung yang tidak berapi

Wilayah lamongan mencakupi wilayah yang cukup luas. Di sisi utara berbatasan langsung dengan samudra. Sementara di sisi selatan merupakan daerah pegunungan. Jadi bukit atau gunung yang tidak berapi pada lambang Kabupaten Lamongan melambangkan bahwa Lamongan juga memiliki wilayah yang terdiri dari daerah yang banyak bukit atau pegunungan yang di dalamnya memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk pembangunan kabupaten Lamongan.

Ikan lele

Ikan lele pada lambang Kabupaten Lamongan melambangkan sikap ulet, sabar, tahan menderita namun jangan berani mengganggunya. Sebab ikan lele memiliki patil sebagai senjata yang siap untuk menyerang jika merasa terancam.

Ikan bandeng

Ikan bandeng melambangkan potensi komiditi yang dimiliki oleh Lamongan. wilayah lamongan yang terdiri dari daratan dan perairan yang cukup luas. Banyak warga lamongan yang memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk membudidayakan ikan di dalam tambak.

Air beriak di dalam tempayan

Air beriak di dalam tempayan pada lambang kabupaten Lamongan melambangkan bahwa air selalu menjadi masalah. Di musim penghujan, beberapa wilayah di lamongan sering kali tergenang banjir. Di musim kemarau, hampir seluruh wilayah lamongan selalu kesulitan air. “rendeng gak iso ndodok, tigo gak iso cewok,” ungkapan ini selalu melekat bagi lamongan.

Tempayan batu

Tempayan batu melambangkan tempat air bersih yang bisa diambil oleh siapa saja yang memerlukan.

padi dan kapas

padi dan kapas pada lambang kabupaten Lamongan melambangkan kemakmuran rakyat dalam arti warga lamongan kecukupan pangan, sandang dan lain sebagainya.

Leave a Reply