Home >> Lamongan >> Makanan Khas Lamongan yang Asli Nikmat
wingko babat

Makanan Khas Lamongan yang Asli Nikmat

Selain menawarkan objek wisata yang menarik, Lamongan juga merupakan tempatnya kuliner yang enak – enak. Jika menyebutkan makanan khas lamongan, tentu soto lamongan akan langsung masuk daftar yang pertama. Makanan khas berkuah ini sudah hampir bisa ditemukan di berbagai daerah di luar kabupaten Lamongan.

Soto lamongan bukanlah satu – satunya masakan khas lamongan. Sebab, masih terdapat masakan khas lamongan yang lain yang tak kalah lezat dan popular dari soto lamongan. Sebagai kabupaten yang cukup luas, tentu masakan khas lamongan sangat bervariasi. Ingin tahu apa saja masakan khas lamongan ? temukan jawabanya di bawah ini:

Soto lamongan

resep rahasia soto lamongan asli
resep rahasia soto lamongan asli

Soto lamongan masuk dalam daftar pertama masakan khas lamongan yang paling popular. Kepopuleran soto lamongan ini bahkan sudah merambah ke berbagai daerah di luar kabupaten lamongan. Tidak sulit menemukan warung soto lamongan bahkan di ibu kota sekalipun banyak penjual soto lamongan.

Soto lamongan memiliki kuah yang berwarna kuning. Memiliki pilihan rasa daging sapi dan daging ayam. Ditaburi dengan bubuk koya yang gurih. Biasa disajikan dengan kuah yang panas. Rasanya semakin nikmat jika ditambahkan perasan jeruk nipis segar di atasnya.

Sego boran

sego boran merupakan salah satu makanan khas lamongan yang cukup popular. Bahkan kepopuleran sego boran ini mampu menyaingi keternaran soto lamongan.

sego boran

Sego dalam bahasa Indonesia artinya nasi. Sementara boran merupakan bakul atau tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Di lamongan sendiri, rasanya lebih mudah menemukan sego boran dari pada soto lamongan. Di pagi buta, banyak penjual sego boran sudah menjajakan daganganya di sekitaran alun – alun kota lamongan. Begitu pun di malam hari, lokasi yang sangat ramai selain di sekitaran alun – alun yaitu di sebelah sekitaran gedung perwakilan rakyat daerah (DPRD). Banyak penjual sego boran yang menggelar lapak lesehan di sepanjang trotoar.

Yang khas dari sego boran adalah bumbunya. Bumbu yang terdiri dari beraneka rempah – rempah menyatu dengan aneka lauk yang bisa dipilih sendiri. Untuk lauknya sendiri ada bermacam – macam seperti pletuk, ikan sili, ayam, ikan gabus, bandeng, telur, ati ampela, ikan asin, otak – otak, urap, peyek, gimbal, empuk, dan gimbal pohong.

Harga nasi boran bisa dibilang sangat merakyat. Bila dibandingkan dengan soto lamongang, harga sego boran ini lebih murah. Maka tak khayal banyak masyarakat lamongan yang mencintai sego boran.

Bandeng colo colo

bandeng colo colo
bandeng colo colo

Lamongan merupakan wilayah yang sangat potensial untuk budidaya ikan. Salah satu ikan yang menjadi favorit di lamongan adalah ikan bandeng. Melimpahnya produksi ikan bandeng ini, membuat masyarakat terbiasa mengkonsumsi ikan dengan berbagai olahan. Namun ada satu olahan yang menjadi makanan khas lamongan yaitu bandeng colo colo.

Bandeng colo colo biasanya disajikan bersama dengan kuah sayur asam dan sambal dengan cita rasa pedas yang unik. Sensasi pedas dengan rasa asam membuat penikmat makanan ini ingin mencobanya lagi dan lagi.

Tahu campur

tahu campur

Makanan khas lamongan yang lain yaitu tahu campur. Sesuai dengan namanya, tahu campur merupakan makanan yang bahan utamanya tahu. Namun rasa tahu tidak terlalu dominan pada makanan khas lamongan ini. Sebab, rasa tahu dibuat semakin kaya dengan campuran selada, tauge, daging, petis udang dan lento.

Wingko babat

wingko babat
wingko babat

Berkunjung ke lamongan, pulang tanpa membawa oleh – oleh khas lamongan rasanya juga kurang lengkap. Jajanan khas lamongan yang sangat popular untuk dijadikan buah tangan yaitu wingko babat. Jajanan tradisional ini bahan utamanya dari kelapa parut. Rasanya yang manis membuat wingko babat begitu istimewa.

Leave a Reply