Home >> Lamongan >> Cara Membuat Bumbu Soto yang Nikmat
Cara Membuat Bumbu Soto yang Nikmat

Cara Membuat Bumbu Soto yang Nikmat

Hari raya idul Adha sudah tinggal hitungan jari, kira – kira menu makanan apa yang akan anda buat untuk hari raya nanti? Mengingat banyaknya daging yang tersedia di dalam kulkas pada hari raya nanti, menu soto daging sepertinya sangat cocok untuk anda. Tapi apakah anda sudah tahu bagaimana cara membuat bumbu soto?

Bagi anda yang belum pernah masak soto, membuat bumbu soto yang nikmat mungkin tidak semudah makan soto yang ada di warung soto. Tapi bukan berarti anda tidak bisa membuat soto yang nikmat. Cara membuat soto daging ini cukup mudah. Bahan – bahanya pun mudah didapatkan. Mau tahu?

Membuat bumbu soto yang nikmat tentu harus dari sang ahli masakah. Akan tetapi tidak semua juru masak bersedia membagikan resep rahasia dapur mereka. Tapi anda tidak perlu khawatir, sebab anda berada di tempat yang tepat mendapatkan referensi cara membuat bumbu soto yang nikmat.

Bumbu soto yang nikmat pada intinya terdiri dari dua jenis yaitu bumbu utama dan bumbu pelengkap. Bumbu utama adalah bumbu untuk membuat kuah yang nikmat sementara bumbu pelengkap adalah bumbu koya yang akan menyempurnakan bumbu utama.

Berikut cara membuat bumbu soto yang nikmat:

Bumbu utama

  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari kunyit
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai

Untuk membuat bumbu soto yang nikmat, haluskan bumbu – bumbu di atas kecuali daun jeruk dan serai. Tips supaya bumbu soto makin mantap, haluskan bumbu soto dengan diulek. Bumbu yang diulek akan memiliki cita rasa yang sangat berbeda dengan bumbu yang dihaluskan dengan cara diblender.

Setelah bumbu tersebut halus, kemudian tumis bersama dengan daun jeruk dan serai hingga harum. Bumbu soto pun siap untuk dimasukan ke kuah kaldu.

Bumbu koya

  • 250 gram kerupuk udang
  • 10 siung bawang putih

Koya merupakan ciri khas soto lamongan. Rasanya yang gurih dan renyah semakin menguatkan rasa dari setiap komposisi bumbu utama. Untuk membuatnya, tumbuk kerupuk udang bersama dengan bawang putih yang telah digoreng. Tumbuk hingga teksturnya halus. Setelah halus, bumbu koya siap ditaburkan di atas soto.

Leave a Reply