Home >> Lamongan >> Rahasia Soto Lamongan Asli dari Sukodadi
resep rahasia soto lamongan asli

Rahasia Soto Lamongan Asli dari Sukodadi

Sebagai warga asli Lamongan, saya selalu tersenyum sumringah ketika saya melakukan perjalanan keliling tanah air. Ternyata di luar kabupaten Lamongan, saya bisa dengan mudahnya menemukan warung soto lamongan. Ada soto lamongan yang disajikan dengan daging sapi ada pula yang menyajikanya dengan daging ayam. Bagi saya, mau daging sapi atau pun daging ayam keduanya sama – sama lezat di mulut saya.

Mampir dari satu warung ke warung yang lain, ternyata kelezatan soto lamongan berbeda – beda. Setiap penjual sepertinya memiliki rahasia dapurnya masing – masing. Saya pun menjadi sangat penasaran sebenarnya apa yang membuat beda rasa soto lamongan. Karena saking penasaranya saya pun memberanikan diri untuk bertanya kepada para pedagang. Namun jawaban yang saya terima kurang memuaskan. Sebab niat hati ingin mengulik resep rahasia soto lamongan, pedagang soto tersebut malah menjelaskan perbedaan soto lamongan dengan soto yang lainya.

Rasa penasaran saya terhadap rahasia soto lamongan masih tak terbendung. Beruntung saya memiliki teman asli warga lamongan yang tinggal di Sukodadi. Kebetulan pas saya penasaran ingin mengulik resep rahasia soto lamongan yang asli, di sana saya mendapat jamuan soto lamongan asli sukodadi.

Dalam setiap mangkuk sajianya, awalnya saya melihat hampir tidak ada perbedaan antara soto lamongan asli sukodadi dengan soto lamongan lain yang pernah saya beli di warung soto lamongan. Namun setelah mereka meletakan satu mangkuk panas soto lamongan di depan saya, mereka mengambil lagi satu bumbu yang ditaruh di dalam toples plastik.

Saya semakin penasaran dengan bumbu tersebut. Begitu toples plastic dibuka, teman saya langsung menyarankan kepada saya untuk mengambil satu sendok bumbu tersebut. Saya pun segera mengambil sendok saya dan menaburkan bumbu tersebut ke soto saya.

Lidah saya langsung mengajak saya untuk segera mencicipi soto dengan taburan bumbu istimewa itu. Begitu satu suapan soto lamongan asli sukodadi masuk ke mulut saya, lidah saya langsung bergetar merasakan cita rasa soto lamongan terlezat yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Komposisi tiap bumbu yang satu dengan yang lain begitu menyatu dan seperti menarik hasrat saya untuk mengambil suapan demi suapan lagi.

Kelezatan soto lamogan yang tak tertandingi ini membuat rasa penasaran saya tidak terbendung lagi. Saya pun memberanikan diri bertanya resep rahasia soto lamongan asli sukodadi. Menurut penuturan teman saya, dari segi bumbu hampir tidak ada yang membedakan antara soto lamongan asli dengan soto lamongan aspal (asli tapi palsu) atau pun juga soto yang lainya. Cuma satu hal yang membedakan yaitu koya (bumbu pelengkap yang biasa ditaburkan di atas soto lamongan). Menurut penuturanya, resep soto lamongan asli adalah soto yang menggunakan bumbu koya. Dari penjelasan teman saya tersebut, maka saya baru sadar itulah resep rahasia soto lamongan asli sukodadi.

Leave a Reply