Home >> Umum >> Tips Memilih Hewan Kurban yang Layak
memilih hewan kurban yang layak

Tips Memilih Hewan Kurban yang Layak

Mendekati Hari Raya Idul Adha, lapak penjualan hewan kurban semakin ramai didatangi oleh pembeli. Begitu banyak hewan kurban yang ditawarkan oleh pembeli. Saking banyaknya pilihan, terkadang pembeli juga dibuat bingung untuk memilih hewan kurban yang layak. Apalagi di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang lesu ini, harga hewan kurban juga ikutan naik. Pembeli musti harus lebih jeli lagi dalam mengambil keputusan untuk memilih hewan kurban yang layak, sesuai dengan syariah dan tentunya harga yang pas dikantong.

Memilih hewan kurban yang layak tidak semudah memilih pakaian bermerk dengan banderol harga yang pasti. Terdapat banyak jenis hewan kurban dan harga yang bervariasi berdasarkan ciri – ciri hewan kurban tersebut. Ciri hewan kurban yang bagus tidak hanya dilihat dari tampilan luarnya saja. sebab, beberapa hewan kurban ada yang mengalami sakit di bagian dalamnya. Hewan kurban seperti sapi misalnya, secara sekilas jika dilihat dari luarnya tampak gemuk dan bagus namun siapa yang mengira setelah disembelih terlihat terdapat cacing pada hati sapi tersebut. Oleh karena itu, ketelitian pembeli dalam memilih hewan kurban yang layak dan juga memilih tempat terpercaya yang sudah terjamin kesehatan hewan kurbanya adalah yang paling utama.

Jika anda masih bingung dalam memilih hewan kurban yang layak, berikut tips memilih hewan kurban yang layak :

Tentukan hewan kurban yang ingin dibeli

Hewan ternak kurban yang masuk criteria untuk dikurbankan antara lain unta, kambing, domba, sapi dan kerbau. Tentukan terlebih dahulu hewan kurban yang akan anda beli sesuai dengan isi kantong anda. Setelah memutuskan hewan kurban mana yang akan dibeli, maka anda bisa memfokuskan perhatian anda pada hewan kurban incaran.

Umur hewan kurban

Memilih hewan kurban yang layak tidak boleh asal pilih. Ada syarat yang telah ditentukan untuk memilih hewan kurban yang layak. Salah satu syaratnya adalah umur hewan kurban. Masing – masing hewan kurban memiliki ketentuan yang berbeda – beda. Untuk hewan kurban kambing atau domba, syarat umurnya adalah satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun dan unta lima tahun.

Hewan kurban sudah ganti gigi

Selain umur, syarat hewan kurban yang layak selanjutya adalah hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi. Gigi yang mengalami pergantian yaitu gigi seri depan dan bawah. Untuk mengetahui hewan kurban tersebut sudah berganti gigi atau belum bisa dilihat dari bentuk giginya. Gigi susu atau gigi hewan kurban yang belum berganti memiliki bentuk kecil dan runcing. Sementara hewan kurban yang telah berganti gigi, bentuk giginya besar dan rata. Jadi ketika membeli hewan kurban, memeriksa gigi juga perlu dilakukan untuk memastikan hewan kurban tersebut sudah layak untuk dijadikan hewan kurban yang layak atau belum.

Hewan kurban sehat

Sebagai wujud ketaqwaan kita, hewan kurban yang kita pilih sebaiknya hewan kurban yang sehat. Criteria ini juga masuk sebagai syarat hewan kurban yang layak. Pilihlah hewan kurban yang dalam kondisi sehat dan tidak menunjukan tanda – tanda sakit seperti sakit kudis, demam, diare dan lain sebagainya. Jika hewan kurban menunjukan tanda – tanda seperti kurang nafsu makan, terdapat ekskreta atau buangan dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri serta mata cekung sebaiknya jangan memilih hewan kurban tersebut. Sebab, hewan kurban tersebut sedang dalam keadaan yang tidak sehat.

Pilih hewan kurban yang gemuk dan sempurna

Sebagai bentuk ketaqwaan kepada sang pencipta, memilih hewan kurban tentu harus memberikan yang terbaik. Pilih hewan kurban yang layak seperti bertubuh gemuk dan sempurna. Hewan kurban yang mengalami cacat seperti pincang, buta, tidak memiliki daun telinga dan tanduk patah tidak boleh dikurbankan.

Demikian tips memilih hewan kurban yang layak. Intinya, pilihlah hewan kurban yang sehat dan sudah memenuhi ketentuan atau syarat hewan kurban. Untuk mengetahui hewan kurban yang sehat, bisa dikenali dari bulunya yang bersih dan mengkilap, nafas dan detak jantung normal, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih, dan ciri tubuh yang sempurna.

Leave a Reply