Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat Semangka Bagi Kesehatan
manfaat semangka bagi kesehatan

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Di musim panas seperti sekarang ini, buah semangka menjadi buah yang paling dicari oleh banyak orang. Buah yang mengandung banyak air di dalamnya ini, memiliki rasa yang begitu segar. Rasanya yang manis dan menyegarkan sangat pas untuk membasahi kerongkongan yang kering karena kehausan.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan dahaga, buah semangka juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. di dalam daging buahnya yang manis, semangka menyimpan begitu banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat semangka bagi kesehatan tubuh :

Jantung yang lebih sehat

Jantung merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatanya. Jantung memiliki peranan yang sangat penting dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. untuk menjaga kesehatan jantung, kebutuhan likopen harus terpenuhi. Buah semangka mengandung likopen yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Kandungan likopen buah semangka ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Mata yang lebih sehat

Semangka mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi semangka, selain bisa mengobati rasa haus juga bisa membantu membuat mata yang lebih sehat.

Meningkatkan system imun

Selain vitamin A, semangka juga mengandung vitamin C. vitamin C ini memiliki bermanfaat untuk meningkat system imun. Dengan system imun tubuh yang kuat, daya tahan tubuh juga semakin kuat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit

Penangkal radikal bebas

Polutan yang tinggi yang berasal dari asap kendaraan bermotor dan pabrik membuat udara di sekitar menjadi tiak aman. Akibatnya radikal bebas bisa mengancam kesehatan tubuh. semangka mengandung karotenoid yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi semangka, tubuh tidak mudah sakit dan tetap fit karena terlindung dari radikal bebas.

Memperkuat tulang

Bertambahnya usia, tulang semakin banyak kehilangan zat penting yang memperkuat tulang. Akibatnya, penyakit osteoporosis menjadi momok yang menakutkan ketika memasuki usia senja. Untuk itu kebutuhan zat – zat penting yang membantu memperkuat tulang dan sendi harus terpenuhi. Semangka mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan kalium yang cukup, tulang akan tetap sehat dan kuat.

Mengurangi lemak

Lemak menjadi masalah bagi banyak orang. Lemak selain membuat pakaian kesayangan tidak muat lagi untuk dipakai juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. untuk mengurangi lemak di tubuh, selain olah raga teratur juga bisa mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung citruline. Semangka merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung citruline. Dengan mengkonsumsi semangka, lemak di dalam tubuh bisa berkurang.

Leave a Reply