Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan Tubuh
daun singkong

Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan Tubuh

Daun singkong atau dalam bahasa jawa disebut ‘godong menyok’ merupakan makanan tradisional masyarakat Indonesia. salah satu olahan dari daun singkong yang paling terkenal adalah krawu. Rasanya yang pedas sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi yang hangat. Kalau di tanah jawa, krawu biasanya disajikan di atas wadah yang mirip piring besar yang terbuat dari tanah atau biasa disebut layah.

Di balik kelezatanya, daun singkong ternyata juga menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. mau tahu apa saja manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan selengkapnya.

Meningkatkan imunitas tubuh

Siapa yang menyangka, tanaman yang bisa tumbuh sendiri dengan subur meskipun tanpa dirawat ini ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. dengan system imunitas yang kuat, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit. Sebaliknya jika daya tahan tubuh lemah berbagai penyakit seperti flu, batuk, pilek, deman dan lain sebagainya mudah menyerang.

Mungkin anda bertanya – tanya, bagaimana bisa daun singkong ini meningkatkan system imun tubuh?. jawaban dari pertanyaan tersebut adalah vitamin C yang terkandung di dalamnya. Daun singkong mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini selain mampu meningkatkan system imun juga mampu mempercepat pemulihan tubuh. dengan mengkonsumsi daun singkong, tubuh akan tetap fit dan tidak mudah jatuh sakit.

Menjaga kesehatan mata

kebanyakan orang seperti sudah termindset yang kuat bahwa untuk menjaga kesehatan mata diperlukan vitamin A yang cukup dan vitamin A ini bisa didapat dengan mengkonsumsi buah apel. Padahal, selain apel masih terdapat bahan makanan lain yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Daun singkong adalah salah satunya. Kandungan vitamin A dalam daun singkong cukup tinggi. Jadi dengan memanfaatkan daun singkong yang bisa dengan mudah dan murah atau bahkan tanpa perlu membayar karena tinggal memetik di kebun, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli buah apel yang harganya sangat mahal. Mengkonsumsi daun singkong minimal tiga kali dalam seminggu cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan tulang

Osteoporosis menjadi penyakit yang mengancam banyak orang ketika sudah memasuki usia senja. Osteoporosis atau pengeroposan tulang ini bisa dicegah dengan memenuhi kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfot ini biasanya didapat dari susu. Namun di tengah harga susu yang semakin mahal, sulit bagi masyarakat untuk membelinya.

Selain susu, ternyata ada sumber makanan lain yang mengandung kedua zat yang dibutuhkan oleh tulang. Daun singkong merupakan sumber makanan tersebut. Tanaman singkong yang mudah tumbuh di mana saja dan tanpa mengenal musim sangat mudah di dapatkan. Jadi tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli susu. Dengan mengkonsumsi daun singkong, kebutuhan fosfor dan kalsium bisa tercukupi.

Leave a Reply