Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Menjaga Kesehatan untuk Berpacu Menghadapi Hari yang Berat
tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar

Tips Menjaga Kesehatan untuk Berpacu Menghadapi Hari yang Berat

Mobilitas pekerjaan yang tinggi menuntut anda untuk tetap sehat dan dan bugar. Capek, lelah dan jatuh sakit menjadi hal yang bisa merusak hari anda. Oleh karena itu, kesehatan dan daya tahan tubuh dituntut harus selalu prima. Menjaga kesehatan untuk berpacu menghadapi hari yang berat adalah yang utama. Pola hidup sehat merupakan langkah tepat menjaga kesehatan tubuh tetap bugas sepanjang hari.

Berikut tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar untuk siap menghadapi hari yang berat :

Minum air putih

Air putih bukan berarti susu atau santan kelapa. Air putih merupakan air minum yang layak konsumsi untuk kebutuhan setiap hari. Masyarakat pada umumnya menyebut air minum dengan air putih.

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karenanya kebutuhan cairan dalam tubuh ini tidak boleh kurang. Jika terjadi kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, dianjurkan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 6 – 8 gelas perhari.

Olahraga

Olahraga sangat efektif untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Namun bukan berarti untuk berolahraga harus datang ke pusat kebugaran dan dilatih oleh seorang instruktur senam. Olahraga pada intinya adalah menggerakan tubuh. Banyak jenis olahraga atau latihan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah jalan kaki. Bisa dibilang, jalan kaki ini merupakan olahraga yang paling ringan, mudah dan murah. Anda tidak perlu melakukan gerakan – gerakan khusus, alat – alat khusus atau mengeluarkan uang untuk olahraga ini. Cukup luangkan waktu anda beberapa menit untuk berjalan – jalan, anda sudah melakukan olahraga.

Meski sangat sederhana, jalan kaki ini memiliki efek yang positif bagi kesehatan. dengan rutin jalan kaki, anda akan terhindar dari perut buncit atau obesitas. Selain itu, jalan kaki juga membantu memperlancar peredaran darah.

Makan makanan sehat

Selain kebutuhan air, tubuh juga membutuhkan nutrisi yang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Nutrisi ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Makanan tersebut mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari ancaman penyakit yang siap menyerang setiap saat. Manfaat makanan sehat yang lain adalah untuk memberikan energy. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, anda akan mendapatkan energy yang cukup untuk mengahadapi hari yang berat.

Menjaga emosi

emosi sering kali diartikan sebagai marah. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat karena emosi memiliki pengertian yang lebih luas lagi. Rasa kesal hingga marah memang merupakan contoh emosi. Akan tetapi emosi bukan hanya itu saja. Emosi merupakan luapan perasaan. rasa sedih juga termasuk contoh dari emosi.

Mungkin anda bertanya kenapa emosi juga berkaitan dengan kebugaran atau kesehatan tubuh. Ketika emosi meledak, pikiran dan perasaan pasti ikut terlibat. Di sanalah, zat – zat kimiawi dalam tubuh terbentuk dan organ – organ penting dalam tubuh bereaksi. Salah satu organ penting yang terlibat adalah jantung. Kita ambil contoh emosi saat seseorang marah. Ketika marah, jantung akan berpacu dengan lebih cepat dan pembuluh darah membesar. Akibatnya tekanan darah menjadi tinggi. Bagi orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi kondisi ini tentu sangat membahayakan. Biasanya hipertensi juga berkaitan erat dengan penyakit sakit kepala dan jantung. Oleh karena itu, menjaga emosi sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Istirahat yang cukup

Tubuh manusia bukanlah robot yang bisa diprogram untuk terus bekerja. Pada akhirnya tubuh juga akan mengalami kelelahan juga. Jika terus dipaksakan untuk bekerja tentu efek terburukanya adalah jatuh sakit. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Leave a Reply