Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Makanan untuk Penderita Diabetes
Makanan untuk Penderita Diabetes

Makanan untuk Penderita Diabetes

Pola makan menjadi hal yang harus selalu diperhatikan oleh penderita diabetes. Mereka tidak boleh makan makanan sembarangan. Ada makanan tertentu yang harus dihindari. Jika makanan tersebut dimakan, maka diabetes yang dideritanya akan semakin parah. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang salah juga bisa menyebabkan penyakit komplikasi.

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes intinya adalah makanan yang rendah gula dan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah serta makanan yang menurunkan kadar kolesterol. Cukup rumit memang untuk bisa mendapatkan makanan yang enak namun tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun bukan berarti penderita diabetes tidak bisa merasakan makanan enak sebab masih ada beberapa makanan enak yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, diantaranya :

Ubi jalar

Penderita diabetes memang harus menghindari makan makanan yang rendah gula atau makan makanan yang manis. Oleh sebab itu, mereka harus berhati – hati dalam mengkonsumsi makanan yang manis. Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang rasanya manis. Namun manisnya ubi jalar ternyata tidak menjadi penghalang bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsinya.

Ubi jalar justru sangat baik bagi penderita diabetes. Kaundang A1C dalam ubi jalar sangat baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya untuk penyakit diabetes saja, ubi jalar juga sangat baik untuk menurukan resiko penyakit jantung, kanker dan beberpa penyakit kronis lainya.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 dan asam lemak yang dipercaya ampuh untuk mengatas resiko penyakit diabetes, jantung dan ginjal. Selain itu kandungan protein di dalamnya juga sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaga kondisi kesehatan.

Kacang – kacangan

Kacang – kacangnan mengandung serat alami yang sangat baik untuk menyerap glukosa berlebih dalam darah. Oleh karena itu, para pakar kesehatan biasanya menyarankan penderita diabetes untuk mengkonsumsi kacang – kacangan untuk menurunkan kadar gula darah mereka. Kacang – kacangan juga memiliki khasiat menurunkan resiko stroke dan mengatur insulin dalam tubuh.

Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Bawang putih dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan mengatasi diabetes. Bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah. Bukan hanya bawang putih, bawang merah juga kaya akan antioksidan sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Selain beberapa makanan di atas masih terdapat makanan yang lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes seperti putih telur, jahe, tomat, minyak zaitun, bayam yoghurt tanpa lemak dan gandum.

Leave a Reply