Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Kesehatan di Musim Panas
menjaga kesehatan tubuh selama musim panas

Tips Kesehatan di Musim Panas

Di musim panas seperti sekarang ini, keringat banyak sekali mengucur membasahi baju. Keringat bercampur kotoran menjadi pemicu berkembangnya bakteri. Akibatnya tubuh mudah sekali mengalami infeksi apabila terjadi luka. Oleh karena itu kita perlu selangkah lebih maju dalam menjaga diri agar kesehatan kita tetap terjaga.

Berikut tips kesehatan di musim panas :

Pakai pakaian dari bahan yang ringan

Musim panas membuat udara sekitar ikutan panas. Akibatnya kulit mudah sekali mengeluarkan keringat. Apalagi jika di kondisi yang panas seperti sekarang ini kita memakai pakaian dengan kain yang tebal atau pakaian dengan kain yang menyebabkan panas.

Memakai pakaian dari bahan yang ringan seperti dari kain katun memungkinkan kulit bisa bernapas sehingga udara panas di dalam tubuh bisa keluar sehingga tidak mudah berkeringat.

Hindari udara panas di siang hari

Udara yang sangat panas di siang hari saat musim kemarau atau musim panas sangat tidak baik bagi kesehatan. Suhu udara yang panas bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan atau dehidrasi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari udara panas di siang hari. Jika memang ada aktivitas di siang hari sebaiknya menggunakan penutup kepala dan tabir surya. Jangan lupa siapkan persediaan air minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Hindari menggosok mata

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang ketika mata terkena debu kemudian menggosoknya dengan tangan. Kebiasaan seperti ini merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan mata. Mata bisa mengalami iritasi bahkan infeksi.

Cuci tangan

Secara tidak anda sadari, tangan anda telah menyentuh berbagai macam benda seperti smarphone, gagang pintu, stang kemudi dan lain sebagainya yang kemungkinan terdapat bakteri di sana. apalagi dengan kondisi cuaca panas selama musim kemarau, tangan mudah sekali berkeringat. Benda – benda yang tersentuh oleh tangan yang berkeringat menjadi lembab. Benda tersebut kemudian menjadi tempat yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang.

Akan sangat berbahaya bila setelah menyentuh benda – benda tersebut anda kemudian menyentuh atau memagang makanan. Kuman atau bakteri yang terdapat pada tangan bisa berpindah ke makanan dan ikut termakan. Akibatnya tubuh mudah jatuh sakit. Oleh karenya, cuci tangan secara teratur untuk melindungi anda dari kuman.

Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian tips kesehatan di musim panas. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh selama musim panas.

Leave a Reply