Home >> Otomotif >> Mobil >> Tips Menjaga dan Merawat Ban Mobil
tips menjaga dan merawat ban mobil

Tips Menjaga dan Merawat Ban Mobil

Beberapa pemilik mobil selalu memperhatikan dengan baik kapan waktunya untuk mengganti oli mesin. Tetapi tidak demikian dengan ban mobil mereka. Padahal, ban ini memegang peranan yang sangat penting bagi keselamatan. Ban dengan kondisi yang bagus tentu akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Tetapi jika kondisi ban mengalami cacat atau masalah, hal tersebut juga akan mengurangi factor keselamatan dan kenyamanan berkendara.

ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal. Semakin sering mobil digunakan, gesekan ban dengan aspal semakin membuat ban aus atau tipis. Kondisi ini juga akan mempengaruhi daya cengkram ban. Sangat beresiko jika anda mengemudikan mobil anda dengan kondisi ban tersebut. Mobil mudah tergelincir, rem tidak lagi pakem, dan ban bisa meletus atau bocor kapan saja.

Selain mengancam keselamatan pribadi, kondisi ban yang buruk juga mengancam pengguna jalan yang lain. Misalkan, mobil yang dikendarai tiba – tiba lepas kendali karena daya cengkram bannya berkurang. Rem juga tidak akan bekerja maksimal. Akibatnya, pengguna lain bisa menjadi korban dari mobil meluncur bebas tersebut. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik mobil untuk menjaga dan merawat ban.

Di bawah ini, tips menjaga dan merawat ban mobil :

  1. Periksa ban dan tekanan angin secara rutin terutama bagi mobil yang sering digunakan perjalanan jauh. Ban yang sering bergesekan dengan aspal jalanan bisa membuat ban cepat tipis. Selain itu, tekanan angin juga sangat mempengaruhi ketahanan ban dan juga kenyamanan berkendara. Setiap ban baik ban depan maupun ban belakang memiliki ukuran tekanan angin yang sudah ada standarnya. Sebaiknya gunakan tekanan angin yang sesuai dengan ukuran standarnya supaya perjalanan dengan mobil menjadi menyenangkan dan nyaman.
  2. Hindari gaya berkendara yang bisa merusak ban. Beberapa pengemudi yang tidak tahan dengan jalanan yang macet, sering kali mengambil jalan lain yang bukan diperuntukan olehnya seperti trotoar atau tepi jalan yang berbatu. Kondisi jalanan yang tidak sesuai dengan tipe ban bisa membuat ban mudah rusak. Kondisi jalan yang belubang juga menjadi salah satu penyebab ban mobil rusak. Apalagi ketika menerjang jalan berlubang tersebut dengan kecepatan tinggi. Selain ban, pelek juga bisa menjadi rusak dibuatnya.
  3. Memaksa ban dengan kecepatan atau muatan berlebihan. Mobil meski di desain dengan mesin yang besar dan tangguh namun mobil memiliki batasan yang juga disesuaikan dengan kemampuan ban. Membawa mobil dengan kecepatan tinggi dan tidak didukung dengan ban yang sesuai bisa membuat mobil mudah lepas kendali. Akibatnya bisa fatal baik bagi pengemudi, penumpang maupun pengguna jalan yang lain. Selain itu, beberapa pemilik mobil juga tidak menghiraukan kekuatan ban untuk membawa muatan. Sering kali mereka membawa muatan berlebih di atas mobil mereka. Kondisi ini tentu akan sangat tidak baik bagi ban. Akibatnya ban mudah gundul, bocor bahkan sampai meletus.
  4. Perhatikan kedalaman alur ban. Secara umum kedalaman alur ban minimal 1,6 mm. jika kedalaman alur ban sudah mendekati kedalaman standar atau bahkan sudah melewatinya sebaiknya ganti ban dengan ban yang baru. Jangan dipaksakan dengan memperdalam alur ban melalui tukang vulkanisir dan lain sebagainya. Meski setelah alur diperdalam ban terlihat baru lagi, namun kemampuan ban tersebut tidak akan bisa sama seperti ban baru. Jangan menganggap anda bisa mengajaknya untuk berpacu di aspal. Salah – salah mobil anda akan terbang, melesat tanpa kendali. Tetap perhatikan etika berkendara, patuhi peraturan yang berlaku dan yang paling utama, utamakan factor keselamatan termasuk dari kondisi ban mobil.

Semoga tips menjaga dan merawat ban mobil bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply