Home >> Umum >> Mengatasi Anak Susah Makan
Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi Anak Susah Makan

Mengenalkan makanan pada anak tidak semudah mengenalkan mainan kepada mereka. Anak – anak cenderung mudah akrab dengan mainan daripada makanan. Meski terkadang mereka juga sering memasukan mainan ke dalam mulut mereka.

Anak – anak jika sudah terlalu asyik bermain bisa lupa diri untuk makan. Ketika ibu menyuruh mereka untuk makan, mereka sering kali menolaknya. Mereka seakan lebih menikmati bermain dengan mainan mereka. Kondisi jika terus berlanjut tentu akan menjadi hal yang sangat serius bagi kesehatan mereka. Asupan makanan yang kurang bisa membuat mereka kekurangan gizi.

Hal tersebut tentu sangat disadari oleh ibu. Namun anak memang tidak bisa dipaksa untuk makan. Kalau dipaksa mereka biasanya malah akan menangis. Oleh karenanya, ibu harus memiliki strategi jitu membujuk anak mau makan.

Berikut tips mengatasi anak susah makan :

Ajak anak memasak

anak – anak biasanya sangat penasaran dan ingin melakukan berbagai hal baru yang menyenangkan. Katakan pada anak bahwa ibu ingin membuat masakan yang lezat dan libatkan anak di dalamnya untuk membantu memasak. Ajak mereka untuk mempersiapkan alat dan bahan serta terlibat dalam proses pembuatan seperti mencampurkan bahan, mengaduk adonan, mencetak makananya dan lain sebagainya.

Jangan memaksa

Kebanyakan ibu memaksa anak yang tidak ingin makan. Memaksa anak untuk makan merupakan pilihan yang salah. Anak malah akan menjadi rewel.

Jangan memanipulasi

Anak – anak biasanya suka pilah pilih makanan. Beberapa makanan menjadi makanan favorit mereka. Jika ibu menyediakan makanan yang tidak ingin mereka makan maka jangan sampai ibu memanipulasi mereka. Sebab, anak – anak selalu mencotoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika sejak kecil sudah ibu ajarkan memanipulasi maka mereka juga akan menirukanya.

Sabar

Anak yang sudah terlanjur rewel karena tidak mau makan jangan sampai mengatasinya dengan emosi yang tidak terkendali. Cobalah untuk lebih sabar menghadapinya. Salah satu trik ampuh menghadapi anak rewel adalah mengalihkan perhatian mereka. Caranya bisa dengan menggunakan suara atau bunyi – bunyian atau dengan menunjukan hal – hal yang menyenangkan. Setelah mereka sudah tenang, baru menyodorkan makanan lagi ke mereka.

Menghias makanan

jika masalah anak tidak mau makan adalah karena makanan yang ibu berikan, cobalah untuk menghias makanan mereka semenarik mungkin. Misalkan penataan nasi, lauk, sayur dan lain sebagainya. Cara ini cukup efektif untuk memancing anak supaya menyukai makanan mereka.

Leave a Reply