Home >> Wisata >> Tentang Raja Ampat Indah Papua
Tentang Raja Ampat

Tentang Raja Ampat Indah Papua

Tentang raja ampat tampaknya telah menjadi perbincangan yang selalu asyik untuk dibahas. Apalagi bagi para wisatawan yang baru mengunjunginya. Semua cerita tentang raja ampat indah tak pernah habis menjadi buah bibir. Bahkan sampai ke mancanegara. Keadaan laut tempat wisata ini didominasi oleh warna hijau, biru, dan putih. Warna-warba tersebut muncul karena pengaruh keadaan terumbu karang laut yang dangkal dan juga dalam.

Keelokan biota laut wisata perairan raja ampat menjadi idola bagi para pecinta tentang raja ampat. Keadaan tersebut kerap kali menjadi sesuatu yang selalu menberi kesan mendalam bagi para wisatawan. Semua tentang raja ampat Papua sangat terkenal sebagai tempat wisata perairan dengan terumbu karang terbaik di dunia. Bahkan banyak sekali fotografer internasional yang selalu mengabadikan pesona bawah laut raja ampat ketika menyelam.

Tentang Raja Ampat dan Asal Mula Terbentuknya

Semua tentang raja ampat berawal pada tahun 2003. Pada tahun itu, Kabupaten Sorong dipecah menjadi dua kabupaten, salah satunya Kabupaten Raja Ampat. Kabupaten ini mempunyai penduduk berkisar antara 31 ribu jiwa. Tempat ini mempunyai pulau sebanyak 610 pulau dan pulau yang berpenghuni hanya 35 pulau.

Dahulu, tempat ini sempat menjadi incaran para pemburu ikan karang. Para pemburu tersebut memburu ikan karang dengan cara mengebom dan menebarkan racun. Ternyata, masih banyak penduduk lokal yang selalu berupanya untuk melindungi semua kekayaan tentang raja ampat. Terumbu karang yang terdapat di perairan raja ampat dinilai sebagai terumbu karang terlengkap di dunia.

Tentang Raja Ampat dan Ekosistemnya

Bagi para penggila dunia bawah laut, cerita tentang raja ampat memang tak ada duanya. Bagi mereka wisata bahari raja ampat laksana surga dunia yang tak mungkin mereka temukan di tempat lain pada belahan bumi yang lain. Papau diving merupakan salah satu resort eksotis yang menawarkan keindahan wisata bawah laut. Para turis bahkan sangat betah berlama-lama berada di sana, ada yang hanya sepekan dan ada juga yang samapi berbulan-bulan.

Pengelolaan yang dilakukan di sekitar daerah tentang raja ampat ini tidaklah mudah dan juga tidak gampang. Seorang pioner penggerak tempat wisata laut raja amapt, Maximillin J. Ammer, harus berusaha mati-matian mempersiapkan berbagai fasilitas bagi para wisatawan, bahkan kalau bisa fasilitas itu diharapakan mampu menarik turis mancanegara.

Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata tentang raja ampat selalu melakukan kegiatan diving atau penyelaman setiap harinya. Hal ini dilakukan karena lokasi tempat penyelaman di wilayah raja ampat sangat beragam dan luas. Pesona keindahan terumbu karangnya sangatlah bervariasi sehingga banyak pilihan yang harus diputuskan ketika akan melakukan penyelaman dan mengundang rasa penasaran yang sangat dalam.

Tentang Raja Ampat dan Masyarakat Pribumi yang Merasa Aman

Semua kegiatan yang berhubungan dengan Pembangunan dan pengelolaan tentang raja ampat selalu melibatkan warga pribumi. Bahkan, karyawan yang dibekerjakan di wilayah raja ampat paling banyak adalah warga Papua sendiri. Prosentasenya, dari 1000 karyawan, karyawan pribuminya sebanyak 900 orang. Selain itu, masyarakat pribumi jugalah yang selalu memasok persediaan ikan, buah-buahan, sayur mayur, dan bahan makanan yang lainnya.

Maximilin J. Ammer sebagai seorang pioner tempat wisata tentang raja ampat mengatakan bahwa dirinya mempunyai komitmen untuk meningkatkan perekonomian daerah dan juga keterampilan masyarakat setempat. Mereka pun juga dilatih berbahasa Inggris dan mempergunakan peralatan selam.

Leave a Reply