Home >> Umum >> Mengatasi Komedo secara Alami
komedo membandel di hidung

Mengatasi Komedo secara Alami

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengurangi keindahan kulit. Berbeda dengan jerawat yang memiliki wujud yang tampak menonjol, komedo memiliki bentuk yang hampit tidak terlihat dari jarak jauh akan tetapi akan begitu jelas terlihat bila dilihat dari jarak yang cukup dekat. Maka jangan heran jika orang lain yang berada dekat anda begitu memperhatikan hidung anda. Bukan karena bentuk hidung anda tetapi mereka sebenarnya sedang memperhatikan komedo anda.

Mengatasi komedo bisa dibilang gampang – gampang susah. Beberapa produk kecantikan dan perawatan kulit mampu membersihkan komedo. Akan tetapi tidak lama berselang komedo kembali mucul.

Terdapat dua jenis komedo. Yang pertama komedo hitam. Penyebab komedo hitam ini adalah sel – seli kulit mati menumpuk dan menutupi pori – pori. Jenis komedo yang kedua adalah komedo putih. Komedo jenis ini disebabkan oleh produksi minyak berlebih di wajah.

Bagi anda yang sudah merasa jengkel dengan produk kecantikan dan perawatan kulit yang tidak mampu menuntaskan masalah komedo ini, mungkin alternative cara alami mengatasi komedo di bawah ini bisa anda coba:

  1. Air garam

Garam kaya akan mineral seperti kalsium, potassium dan sulfat yang berguna untuk mengatasi komedo. Kandungan mineralnya mampu menstimulasi peredaran darah untuk membuak pori – pori.

Untuk memanfaatkan garam mengatasi komedo, pertama masukan 3 sendok makan garam ke dalam mangkuk. Tuangkan air panas ke dalamnya. Aduk sebentar. Lihat di bagian bawah, terdapat endapan dari garam yang tidak larut. Manfaatkan endapan tersebut sebagai scrub. Oleskan scrub garam tersebut ke bagian kulit yang mengalami masalah komedo. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Putih telur

Putih telur bisa anda manfaatkan untuk mengangkat komedo dari hidung anda. Caranya, oleskan putih telur ke bagian kulit yang terdapat komedo. Tempelkan kapas atau tisu di atasnya. Biarkan sampai kapas atau tisu tersebut menjadi kaku. Setelah itu angkat dan lihatlah komedo ikut terangkat bersama dengan kapas atau tisu tersebut.

  1. Uap wajah

Jika masalah komedo anda disebabkan karena pori – pori wajah yang tersumbat, untuk mengatasinya bisa menguapkan wajah. caranyak siapkan air panas dalam wadah. Tempatkan wajah di atas wadah tersebut untuk mendapatkan uap panas dari air tersebut.

  1. Lemon

Untuk mengurangi atau menetralisir minyak berlebih di wajah, anda bisa memanfaatkan lemon. Air lemon ini sangat bermanfaatkan untuk membuat wajah lebih segar dan mengurangi minyak berlebih di wajah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya komedo.

  1. Mencuci wajah

Mencuci wajah yang benar merupakan salah satu langkah mudah untuk mencegah berbagai masalah kulit termasuk komedo. Jika anda mencuci wajah menggunakan sabun, pilihlah sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Leave a Reply