Home >> Otomotif >> Mobil >> Menangani Mobil Overheat
menangani mesin mobil overheat

Menangani Mobil Overheat

Overheat menjadi mimpi yang menakutkan bagi kebanyakan pengemudi mobil. Asap yang ngepul dari balik kap mobil sering kali membuat pengemudi panic. Ketakukan mereka lebih karena khawatir mesin mobil akan terbakar. Seketika saat overheat terjadi, mesin mobil mendadak akan mati.

Ada beberapa faktor penyebab mesin mobil overheat di antaranya karena mobil mengalami masalah pada radiator, thermostat atau water pump. Komponen – komponen tersebut merupakan bagian penting dari system pendinginan mesin supaya mesin tidak kepanasan saat digunakan.

Masalah yang umum terjadi pada radiator mobil adalah volume cairan yang berkurang. Setiap radiator mobil memiliki standar volume cairanya masing – masing. Agar radiator ini bisa berfungsi dengan baik maka standar volume cairanya ini supaya rutin dikontrol. Bila volume cairan radiatornya menurun sebaiknya segera ditambah.

Begitu pun untuk pengontrolan terhadap thermostat. Bagian mobil yang satu ini memiliki peran yang tak kalah penting dalam menjaga suhu mesin mobil. Bila ada masalah dengan thermostat maka aliran air bisa terganggu sehingga suhu mesin mobil tidak akan stabil. Periksa juga apakah ada keretakan yang membuat cairan pendingin merembes. Segera ganti apabila ada komponen yang mengalami kerusakan.

Nah, lalu bagaimana menangani mobil overheat ?

Sangat beresiko apabila system yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil mengalami masalah. Sebab, jika system pendingin tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya maka mesin mobil akan mengalami overheat.

Untuk menangani mesin mobil overheat yang pertama yang harus anda lakukan adalah membawa mobil anda ke tepi jalan. Bila anda lahan parkir maka manfaatkan tempat tersebut untuk melakukan penanganan terhadap mobil. Bila tidak ada lahan parkir, maka bawa saja mobil ke tepi jalan.

Setelah menepi, matikan mesin mobil minimal 10 hingga 30 menit. Jangan lupa untuk membuka kap mobil supaya asap yang ngepul bisa keluar sekaligus membantu mendinginkan mesin mobil lebih cepat. Namun yang perlu diingat jangan sampai anda membuka tutup radiator sebab biarpun mesin sudah dingin, suhu dalam system pendingin mobil masih panas.

Jika anda sudah benar – benar yakin kondisi mesin mobil sudah aman untuk melakukan penanganan cobalah untuk mengidentifikasi dan memperbaikinya sendiri jika anda mampu untuk melakukanya. Akan tetapi jika tidak bisa, maka anda bisa meminta bantuan kepada yang ahli untuk menanganinya.

Ketika mesin mobil sudah dingin, anda sebenarnya sudah bisa menggunakan mobil anda kembali. Akan tetapi resiko overheat masih membayangi. Jika lokasi bengkel tidak jauh dari tempat mobil anda mengalami overheat, anda bisa membawa mobil anda ke bengkel tersebut untuk perawatan dan penanganan lebih lanjut. Akan tetapi jika lokasinya masih jauh, anda bisa meminta bantuan dari jasa mobil derek.

Leave a Reply