Home >> Otomotif >> Mobil >> Tips Membeli Mobil untuk yang Pertama Kali
Tips membeli mobil untuk pertama kali

Tips Membeli Mobil untuk yang Pertama Kali

Mobil bukan hanya sekedar tren atau bergaya tetapi sudah menjadi kebutuhan harian sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman. Aman, maksudnya perjalanan tidak akan lagi terhalang oleh perubahan cuaca seperti panas dan hujan. Lain halnya jika melakukan perjalanan dengan mengendarai motor dimana harus berpanas – panasan dan harus ribet membawa jas hujan apabila hujan mulai turun. Sementara untuk kenyamanan, mobil memiliki jok yang lebih empuk dan mampu membawa lebih banyak penumpang sehingga perjalanan bersama keluarga atau rekan bisa lebih menyenangkan.

Namun untuk memiliki sebuah mobil, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Terutama bagi pembeli mobil pemula. Ketika membeli mobil untuk pertama kali, anda tidak boleh asal pilih atau terpengaruh oleh diskon harga mobil yang menggoda. Sebaiknya perhatikan beberapa tips dibawah ini.

Tips membeli mobil untuk pertama kali:

Sesuaikan jenis mobil dengan anggaran

Ada beberapa jenis mobil yang mungkin perlu anda ketahui sebagai calon pembeli mobil pemula. Jenis mobil city car saat ini menjadi tren kalangan pecinta otomotif. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, mobil ini enak untuk diajak selap – selip jalanan kota yang padat kendaraan. Selain itu jenis mobil city car juga mampu membawa lima penumpang jadi ukuran yang ideal bagi anda yang ingin bepergian dengan keluarga kecil anda.

Sementara jika anda menginginkan mobil dengan ukuran yang lebih besar dan tangguh di segala medan maka pilihan mobil SUV sangat pas bagi anda. Kenyamanan menjadi penawaran yang terbaik dari mobil ini.

Baik mobil city car maupun SUV memiliki harga yang bervariasi. Pilihan tipe sebaiknya disesuaikan dengan isi kantong anda. Untuk mobil city car umunya dijual dengan harga mulai dari 100 jutaan sementara untuk mobil SUV lebih mahal. Untuk mengetahui harga yang pasti, sebaiknya anda memeriksa dulu harga mobil tersebut di dealer resmi sebelum anda memutuskan untuk ke proses pembayaran mobil.

Jenis pembayaran

Untuk pembayaran beberapa dealer memberikan banyak pilihan jenis pembayaran. Jika memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil yang diinginkan, sebaiknya bayarlah mobil tersebut dengan uang cash. Sementara jika harus membayar dengan kredit, maka pilihlah dealer dan perusahaan pembiayaan yang terpercaya jangan sampai di saat mobil sudah lunas surat – surat mobil sulit untuk diambil.

Produk unggulan

Beberapa dealer dan perusahaan mobil memiliki iklan yang sangat jitu dalam menggaet pelangganya. Bagi anda yang pemula, anda harus lebih selektif lagi memilih mobil dari perusahaan mana yang akan anda beli. Ketahui keunggulan produk mobil tersebut mulai dari kualitas mobilnya hingga ke jaringan servis mobil tersebut. Mobil sebagus apa pun tetap butuh perawatan dan pemeriksaan secara berkala. Kemudahan menemukan bengkel resmi mobil tersebut memudahkan anda untuk melakukan perawatan kepada mobil anda. Mobil yang selalu terkontrol kondisinya tentu akan membuatnya terasa nyaman meski sudah digunakan selama bertahun – tahun.

Test drive

Setelah menjatuhkan pilihan ke mobil incaran, lakukan test drive untuk mengetahui apakah mobil pilihan anda tersebut nyaman untuk dikendarai. Sebagai mobil harian, factor kenyamanan adalah hal yang harus anda perhatikan.

Asuransi

Asuransi bisa sangat berguna ketika mobil anda mengalami beberapa hal yang diluar dugaan seperti ketika mengalami kecelakaan atau tabrakan. Dengan adanya asuransi, keuangan anda akan sangat terbantu di saat mobil butuh perbaikan akibat kerusakan.

Purna jual

Membeli mobil pada intinya memang adalah untuk memiliki mobil bukan untuk dijual kembali. Namun mungkin suatu saat anda sudah bosan dan ingin membeli mobil yang baru, purna jual mobil juga menjadi pertimbangan ketika membeli mobil. Beberapa mobil dari merek tertentu memiliki harga jual yang lebih tingi dari pada merek yang lain. Mungkin itu bisa menjadi pertimbangan anda membeli mobil tersebut.

Leave a Reply