Home >> Wisata >> Papua Raja Ampat, Destinasi Unggulan Wisata Bahari Mancanegara
Papua Raja Ampat

Papua Raja Ampat, Destinasi Unggulan Wisata Bahari Mancanegara

Papua raja ampat merupakan kepulauan yang dikelilingi lautan. Kawasan ini tidak menyimpan keindahan alam yang terdapat di bawah laut saja, namun juga menjadi rumah bagi beberapa biota laut yang mulai langka. Biota laut yang termasuk kategori langka di kawasan Papua raja ampat eksotis adalah hiu abu-abu dan ikan pari manta. Keadaan tersebut dapat dijadikan salah satu alasan untuk menjadikan daerah ini sebagai tempat tujuan wisata bahari dunia.

Semenjak lokasi Papua raja ampat ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Perairan Nasional, masyarakat pribumi banyak merasakan manfaat dari penetapan tersebut. Hal ini merupakan hasil dari upaya Pemerintah Indonesia yang selalu dan terus mempromosikan potensi wisata bahari raja ampat ke seluruh penjuru dunia.

Selain itu, pembangunan objek pariwisata kelautan di kawasan Papua raja ampat telah memberi nilai tambah dari perekonomian masyarakat setempat. Perekonomian masyarakat pribumi pun menjadi lebih meningkat. Alhasil, hal ini mampu menyadarkan masyarakat pribumi untuk berkontribusi menjaga dan melestarikan kawasan wisata raja ampat dari para pengrusak biota laut. Dengan adanya kontribusi ini, kawasan konservasi menjadi semakin bertambah luas dari tahun ke tahun. Bahkan, saat ini luas kawasan tersebut mencapai 1.100.000 hektar.

Papua Raja Ampat dan Segudang Keindahan Biota Lautnya

Papua raja ampat menyuguhkan suatu pemandangan yang luar biasa eksotisnya. Pemandangan yang luar biasa ini telah mampu menghipnotis wisatawan-wisatawan domestik dan asing. Menurut kabar yang beredar, wisatawan terbanyak yang mengunjungi wisata Papua raja ampat indah adalah para wisatawan dari luar negeri.

Keindahan yang ditawarkan oleh Papua raja ampat adalah keindahan pulau-pulau kecil di sekeliling kepulauan raja ampat, putihnya pasir pantai, warna biru kehijauannya air laut, bukit-bukit yang menjulang dengan cantiknya, flora dan fauna yang tersebar di segala penjuru raja ampat, seperti merak dan berbagai jenis macam anggrek. Selain itu, surga keindahan yang membuat raja ampat dikenal sampai ke penjuru dunia adalah keindahan yang terdapat pada alam bawah laut. Keindahan tersebut seperti beragam jenis batu karang dan flora serta fauna di dalam lautnya.

Papua Raja Ampat dan Legenda Kehadirannya

Legenda Papua raja ampat yang berkembang di kalangan masyarakat pribumi menjelaskan bahwa kawasan ini bermula dari tujuh buah telur yang ditemukan oleh seorang wanita. Tak lama kemudian, ketujuh telur itu menetas. Empat telur menetas menjadi empat orang pangeran. Tiga telur yang lainnya menetas menjadi seorang wanita, sebuah batu, dan seorang hantu. Empat pangeran itu akhirnya menempati empat pulau besar yang terdapat di raja ampat indah.

Papua Raja Ampat dan Peninggalan Pra-sejarah serta Sejarah di Dalamnya

Di kawasan Papua raja ampat ditemuakan sebuah peninggalan sejarah dan pra-sejarah. Peninggalan tersebut berada di kawasan Pulau Misool. Peninggalan itu berupa dinding batu karang yang terdapat cap tangan di dalamnya. Usia peninggalan tersebut diperkirakan sudah mencapai 50.000 tahun. Peninggalan ini merupakan bukti sebuah jalur penyebaran manusia di kawasan yang bersangkutan.

Selain jenis peninggalan tersebut, di kawasan Papua raja ampat juga ditemukan sebuah peningglan lain. Peninggalan tersebut berupa sisa pesawat yang tenggelam pada masa perang dunia II yang terjadi di beberapa titik penyelaman di raja ampat. Akses yang bisa digunakan untuk menuju tempat ini juga lumayan mudah.

Leave a Reply