Home >> Wisata >> Bedugul Bali, Wisata Alam Eksotis dan Indah
Bedugul Bali

Bedugul Bali, Wisata Alam Eksotis dan Indah

Bedugul Bali merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Pulau Dewata. Tempat wisata ini tepatnya terletak di Kabupaten Tabanan, Kecamatan Baturiti, Desa Candi Kuning. Tempat ini berjarak 45 km dari Kabupaten Tabanan dan berjarak 50 km dari Denpasar. Tempat ini sangat nyaman digunakan untuk bersantai bersama keluarga maupun sahabat ketika liburan ke Bali.

Wisata bedugul Bali berada pada posisi di dataran tinggi. Sebuah danau yang dikenal dengan nama beratan juga ditemukan di tempat wisata bedugul Bali indah. Danau Beratan terletak pada ketinggian 1250 m di atas permukaan laut. Keadaan itu mampu membuat danau ini mempunyai udara yang sejuk. Selain itu, suhu di sekitar danau ini berkisar di antara 17 oC s.d. 25oC. Selain danau di tempat ini juga ditemukan sebuah pura yang bernama ulun danu.

Badugul Bali dan Sejarah Singkat Namanya

Terdapat banyak kisah legenda yang bercerita mengenai asal muasal nama bedugul Bali. Salah satu ceritanya menjelaskan bahwa nama bedugul diambil dari kata “bedug” dan “kul”. Kata “bedug” mempunyai arti banyaknya masyarakat muslim yang hidup di sekeliling bedugul. Kata “kul” berarti alat komunikasi masyarakat Bali yang fungsinya sama dengan kentongan. Alat komunikasi tersebut masuk dalam kategori tradisional.

Cerita lain menjelaskan bahwa asal mula nama bedugul Bali berawal dari adanya seorang raja yang mandi di danau Beratan. Pada saat raja tersebut mandi, ada beberap warga pribumi yang melihatnya. Hal ini terjadi tanpa mereka sengaja. Lantas mereka pun mengatakan bahwa bedogolnya raja kelihatan. Akhirnya nama bedogol itu dijadikan nama tempat wisata, yaitu bedugul Bali eksotis.

Bedugul Bali dan Keindahan Panoramanya

Pada saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang berkunjung ke bedugul Bali. Bahkan, tidak hanya wisatawan nusantara, wisatawan asing juga banyak ditemukan di sana. Para wisatawan yang tengah menikamati keindahan wisata tempat ini dapat dilakukan sambil berjalan kaki dan menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Di tempat wisata ini juga ditemukan kebun raya. Di dalam kebun raya tersebut tumbuh beragam sayur-sayuran dan buah-buahan dengan suburnya.

Di wilayah danau beratan bedugul Bali juga terdapat sampan atau lebih dikenal dengan nama kapal boat. Kapal ini disewakan kepada para pengunjung dengan tujuan supaya pengunjung-pengunjung yang berdatangan dapat menikmati keindahan danau beratan. Dekat daerah parkir juga ditemukan banyak kios-kios atau toko yang menjual beragam makanan, minuman, dan berbagai macam souvenir.

Bedugul Bali dan Indahnya Perjalanannya

Perjalanan yang harus kita lewati untuk dapat sampai di bedugul Bali penuh tanjakan berliku, apalagi kalau hampir sampai. Di kanan kiri jalan dipenuhi kebun sayur dan lembah-lembah yang terlihat sangat indah jika dilihat dari arah jalan. Berada di dataran tinggi membuat keberadaan tempat wisata ini terlihat damai, sejuk, bersih, dan unik. Dikatakan bersih dan unik karena adanya perpaduan dari keindahan alam pengunungan dan danau beratan serta adanya pura di tengah-tengah danau.

Pura Ulun Danu yang terletak di tengah danau Beratan bedugul Bali merupakan tempat pemujaan masyarakat setempat kepada Sang Hyang Dewi Danu yang dikenal sebagai dewi pemberi kesuburan. Bila kita berkunjung ke tempat wisata ini pada hari-hari baik menurut kalender hindu, kita pasti akan menemukan rombongan warga pribumi yang melakukan prosesi upacara agama, baik upacara ngaben atau upacara di pura.

 

Leave a Reply