Home >> Wisata >> Pantai Jimbaran Bali sebagai Pusat Kuliner Sea Food
Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali sebagai Pusat Kuliner Sea Food

Pantai jimbaran Bali merupakan salah satu lokasi wisata yang menawarkan nuansa wisata dan suguhan yang berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Pulau Dewata. Hal ini disebabkan pantai ini adalah sentra wisata kuliner yang berada di pesisir selatan pulau Bali. pantai ini tepatnya berlokasi di Desa Jimbaran Kabupaten Badung. Lokasi ini berdekatan dengan pusat pelelangan ikan segar yang terdapat di pantai kedonganan.

Berdasarkan fakta bahwa pantai jimbaran Bali sangat dekat dengan lokasi pusat pelelangan ikan, membuat banyak pelaku industri terdorong untuk mendirikan restoran, kafe, dan warung makan sea food di pinggiran pantai jimbaran Balu indah. Masyarakat lokal pun ikut andil dalam pengelolaan kawasan pantai. Mereka berbondong-bondong mengontrakkan tanah yang dimiliki kepada para pengusaha kuliner yang ingin membuka bisnis di area pantai. Tanah mereka dikontrakkan dalam bentuk kaplingan. Keadaan pantai yang landai, berpasir putih, dan ombak yang relatif tidak besar menjadikan pantai ini tepat dijadikan bisnis kuliner.

Pantai Jimbaran Bali dan Aneka Wisata Kulinernya

Ketika berkunjung ke pantai jimbaran Bali, kita akan mendapatkan banyak meja dan kursi berderet di tepian pantai. Inilah tempat yang disediakan oleh para pengusaha kuliner untuk para wisatawan. Kuliner khas laut yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari cara memasak, pilihan jenis ikan, ukuran, maupun rasa penyajiannya. Pilihan ikan yang bisa dijadikan menu adalah cumi-cumi, ikan, lobster, kerang, udang, dan kepiting. Adapun macam pengolahan makanannya seperti, dibakar, digoreng, direbus, dikukus, ditumis, dan dipepes.

Wisatawan pantai jimbaran Bali yang tidak menyukai makanan sea food tapi ingin menikmati keindahan pantai jimbaran Bali yang mengagungkan tak perlu merasa kawatir. Hal ini karena restoran dan warung makan serta kafe yang berada di sepanjang pantai juga menyediakan suguhan menu lain selain sea food.

Pantai Jimbaran Bali dan Keindahan Nuansa Wisatanya

Pantai jimbaran Bali memang sudah dikenal sebagai pusat wisata kuliner yang ada di Bali. Panorama keindahan yang dihadirkan oleh pantai yang berpasir putih yang terbentang di sepanjang pantai merupakan background yang sangat cocok untuk menemani para wisatawan yang tengah menyantap kuliner laut yang sangat lezat.

Pemandangan dan nuansa keindahan pantai jimbaran Bali semakin terlihat menjelang matahari terbenam. Panorama langit yang perlahan nerubah warna menjadi kemerahan adalah bonus keindahan yang dapat dinikmati tanpa harus membayar. Eksotisme pantai ini sangat terasa ketika matahari mulai meninggalkan peraduannya. Kesan romantis akan semakin terlihat saat cahaya lilin mulai dinyalakan di setiap meja yang berjejer di tepian pantai. Pertunjukan musik di malam hari kerap kali andil dalam meramaikan suasana makan malam di pantai ini.

Pantai Jimbaran Bali dan Akomodasi Wisatanya

Selain menyediakan kuliner, pantai jimbaran Bali juga menyediakan berbagai sarana prasarana dan fasilitas penunjang lainnya. Sarana prasarana tersebut dibangun guna menunjang berbagai aktivitas para wisatawan. Fasilitas tersebut seperti area parkir, perahu sewa, hotel berbintang, perlengkapan berselancar dan parasailing, dan lainnya.

Saat-saat menunggu sunset, kita dapat menyewa perahu untuk mengarungi pantai jimbaran Bali secara lepas. Berselancar ataupun parasailing juga bisa dilakukan. Bahkan sekedar berjalan sembari menyusuri pantai ataupun duduk santai di pinggiran pantai dapat dijadikan sebagai kegiatan alternatif yang akan menambah pengalaman berlibur kita bersama keluarga.

Leave a Reply