Home >> Wisata >> Pantai Jimbaran dengan Semua Keindahan Alam Yang Dimiliki
Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran dengan Semua Keindahan Alam Yang Dimiliki

Pantai jimbaran merupakan salah satu pantai di pulau Bali yang menjadi objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Pantai ini berlokasi tepat di daerah Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. Jika ditempuh dari bandara ngurah rai akan memakan waktu kurang lebih 10 menit. Pantai ini telah mendaji salah satu destinasi spektakuler yang wajib dan patut dikunjungi jika kita tengah berlibur di pulau Dewata.

Pantai Jimbaran dan Wisata Kuliner Daerahnya

Kawasan pantai jimbaran awalnya memang sebuah kampung nelayan. Hal inilah yang membuat ikan segar sangat mudah ditemukan di pantai ini. Hal ini jugalah yang mendorong para pelaku industri berlomba-lomba mendirikan restoran, kafe, dan warung makan di sekitar daerah wisata pantai. Kondisi pantai jimbaran Bali memang tak jauh berbeda dengan kondisi panta-pantai di pulau Bali pada umumnya. Kondisi pantai yang landai dan mempunyai pasir putih serta ombak laut yang tidak begitu besar, menjadikan pantai ini menjadi lokasi yang tepat untuk usaha kuliner.

Ketika memutuskan untuk menikmati wisata kuliner di pantai jimbaran, kita dapat memilih sendiri menu makanan apa yang ingin kita pesan. Berbagai macam jenis ikan laut tersedia di sini. Pembeli sangat bebas untuk memutuskan seperti apa ikan pesanannya di masak, mau digoreng, dibakar, ataupun dikukus. Selain itu, pihak pengelola wisata kuliner juga menyajikan hiburan live musik. Hal ini akan menambah malam semakin terlihat menarik untuk dinikmati.

Pantai Jimbaran dan Masyarakat Setempat

Pantai jimbaran merupakan sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan yang terdiri atas dua belas banjar adat dan satu banjar dinas. Pantai ini terkenal akan keindahan pantainya, sehingga membuatnya dikenal dengan istilah pantai jimbaran indah. Selain itu, kawasan pantai ini juga terkenal sebagai salah satu tempat favorit untuk menikmati santapan ikan laut.

Mayoritas mata pencaharian masyarakat di pantai jimbaran dulunya adalah sebagai petani dan nelayan. Namun, setelah pantai ini berubah menjadi kawasan wisata, banyak masyarakat lokal yang beralih profesi di bidang pariwisata. Mereka sama berlomba-lomba untuk mendirikan tempat makan dan penginapan.

Pantai Jimbaran dan Keindahan Alamnya

Pantai jimbaran masuk dalam kategori tempat wisata favorit di pulau Bali. Pantai ini memiliki pasir putih yang memanjang sepanjang garis pantai. Keadaan ombak yang begitu tenang telah mampu menambah keelokan suasana pantai. Selain itu, dari kejauhan nampak banyak perahu nelayan tradisional yang sedang berlayar guna menangkap ikan. Pemandangan seperti ini tak nampak terlihat di pantai kuta maupun pantai legian.

Para wisatawan yang datang ke pantai jimbaran ini hanya untuk berjemur ataupun berenang. Wisatawan-wisatawan tersebut ada yang dari negara sendiri dan negara lain, atau biasa dikenal dengan nama turis. Selain itu, ternyata tujuan kedatangan mereka (para wisatawan) adalah untuk menyaksikan panorama yang menakjubkan ketika matahari mulai terbenam, atau biasa disebut dengan istilah sunset.

Suasana semarak di pantai jimbaran ini akan terasa menyentuh ketika para wisatawan menikmati keindahan yang ada di waktu sore hari. Desiran ombak pantai yang mengiringi, hembusan angin pantai yang menyegarkan, panorama sunset di sore hari, dan banyaknya kafe yang berjajar di sepanjang pantai dengan berbagai hidangan makanan seafood, membuat pantai ini terasa benar-benar seperti surga.

Leave a Reply