Home >> Wisata >> Pantai Sanur Bali Dikenal Dengan Sebutan Pantai Matahari Terbit
Pantai Sanur Bali

Pantai Sanur Bali Dikenal Dengan Sebutan Pantai Matahari Terbit

Pantai sanur Bali adalah salah satu dari sekian banyak tempat favorit di pulau Bali yang menjadi tujuan wisata yang dikenal sampai ke berbagai penjuru dunia. Lokasi pantai ini terletak di sebelah timur kota Denpasar. Pantai ini sering disebut dengan julukan sunrise beach atau pantai matahari terbit. Hal ini karena lokasi pantai yang berada di sebelah timur pulau Dewata. Alhasil pantai ini pun menjadi sebuah tempat wisata favorit yang sering dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan sunrise.

Pantai Sanur Bali dan Keindahan Alamnya

Di sepanjang pantai sanur Bali menjadi tempat yang sangat tepat untuk melihat pemandangan cahaya ketika matahari terbit. Adanya pondok-pondok mungil yang telah dibangun dapat digunakan sebagai tempat duduk-duduk di kala menunggu matahari terbit. Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat pemandangan sunrise dengan berenang di pantai. Sebagai mana kebanyakan pantai pada umumnya, pantai sanur Bali indah juga memiliki pasir pantai yang eksotik.

Pantai sanur Bali memiliki gulungan ombak yang tidak besar. Hal ini membuat pantai ini tidak dijadikan sebagai tempat untuk berselancar. Namun, hal ini menjadi sebuah manfaat lain. Kita dan keluarga dapat berenang di pantai sanur Bali yang menawan ini dengan aman. Tak jauh dari  pantai ini terdapat tempat wisata menarik lainnya, yaitu berupa objek wisata bawah laut. Objek wisata ini sering digunakan sebagai tempat untuk menyelam. Keindahan bawah laut inilah yang menjadikan pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Pemandangan sore hari di pantai sanur Bali juga tak kalah menarik untuk dinikmati. Surutnya air laut dapat memperjelas pandangan mata pada gugusan pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut, tepatnya di sebelah selatan pantai. Tidak hanya itu, ketika gelombang air laut tidak begitu besar, wisatawan-wisatawan dapat menyaksikan keindahan bentangan batu karang yang berwarna-warni.

Pantai Sanur Bali dan Akomodasi Penunjang Wisata

Pantai sanur Bali berlokasi di Desa Sanur, Denpasar, Bali. Dari pusat kota Denpasar, pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 6 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Apabila menggunakan kendaran umum, para wisatawan tak perlu khawatir. Hal ini karena kendaraan umum banyak yang mondar-mandir melewati jalur Sanur-Denpasar.

Kawasan pantai sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di pulau Dewata. Hal ini ditandai dengan adanya hotel-hotel berbintang dan berbagai restoran. Oleh sebab itu, para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tak perlu merasa khawatir jika membutuhkan penginapan atau warung makan. Selain itu, kawasan wisata pantai sanur Bali juga menyediakan kios-kios souvenir. Kios-kios tersebut menjual beraneka barang kesenian dan oleh-oleh khas pantai.

Pantai Sanur Bali dan Sejarahnya

Berdasarkan sejarah Bali kuno, sejak dahulu pantai sanur Bali telah dikenal sebagai pantai yang indah. Hal itu tergambar dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa. Prasasti tersebut terletak di daerah Blanjong, yaitu bagian selatan pantai sanur. Pada masa kolonial Belanda, pantai ini dikenal sebagai lokasi pendaratan bala tentara Belanda.

Ditinjau dari segi pariwisata, pantai sanur Bali pertama dikenalkan ke kancah internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia, yang datang ke Bali pada tahun 1932. Setelah melihat daya tarik pantai ini, Le Mayeur memutuskan menetap di Sanur. Lantas dia pun mendirikan sanggar melukis dan menikah dengan gadis Bali. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur.

Leave a Reply