Home >> Wisata >> Pantai Lovina sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Bahari Indonesia
Pantai Lovina

Pantai Lovina sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Bahari Indonesia

Pantai Lovina merupakan sebuah pantai yang berlokasi tepat 9 km di sebelah barat kota Singaraja. Pantai ini adalah salah satu obyek wisata bahari yang terdapat di Pulau Bali sebelah utara. Wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung ke pantai ini. Selain untuk melihat pantai yang masih alami, mereka juga melihat ikan lumba-lumba . Dengan menyewa salah satu perahu nelayan, kita dapat mendekati lumba-lumba yang berada di tengah laut.

Jarak tempuh menuju pantai lovina kurang lebih 2 jam jika melewati rute Denpasar, Bedugul, Singaraja, lalu langsung menuju ke pantai lovina yang menawan. Rute lain yang dapat dilewati denga jarak tempuh yang sama adalah Bedugul, Seririt, dan Lovina. Rute dengan jarak tempuh 2 jam ini melewati jalan yang berkelak-kelok dan naik turun. Perjalanan ke pantai ini juga dapat ditempuh melewati jalur Gilimanuk langsung ke Lovina dengan jarak tempuh yang lebih panjang, kurang lebih selama 4 jam.

Pantai Lovina dan Kandungan Arti Kata di dalamnya

Kata “Lovina” yang digunakan sebagai nama pantai lovina terdiri atas dua kata, yaitu kata “love” dan kata “ina” yang diartikan sebagai Love Indonesia. Berdasarkan penjelasan Panji Tisna, sebagai seorang pencetus nama “lovina”, kata “lovina” memiliki makna filosofis, yaitu makna campuran antara dua suku kata, “love” dan “ina”. Kata “love” berarti kasih yang tulus dan “Ina” berarti ibu (menurut bahasa Bali). Secara tidak langsung hal ini menjelaskan bahwa kata “lovina” mengandung arti “cinta Ibu” atau arti luhurnya ialah “cinta ibu pertiwi”.

Pantai Lovina dengan Taman Laut Legendanya

Di kawasan pantai lovina Bali, kita dapat melakukan aktivitas menyelam atau snorkeling. Aktivitas ini dilakukan dengan tujuan untuk menikmati keindahan laut di pantai lovina. Ketika menyelam, kita dapat menjumpai beragam ikan hias yang cukup ramah, yang tengah mendatangi para penyelam. Walaupun tak seindah taman laut lain yang terdapat di Indonesia, menyelam di pantai ini sudah cukup membuat kita senang dapat bermain-main dengan ikan hias yang  berada di pantai ini.

Pada kanan kiri pantai lovina, kita akan menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam. Kulit kerang tersebut kita jumpai di pesisir pantai. Kita pun dapat mengambilnya untuk dijadikan koleksi hiasan  atau cindera mata yang alami dan menarik, yang bisa kita berikan sebagai oleh-oleh.

Pantai Lovina dan Keindahan Tampilannya

Kawasan pantai lovina sangat terkenal akan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Terdapat ratusan lumba-lumba di pantai ini, yaitu sekitar 500 sampai 100 ekor. Untuk dapat melihat lumba-lumba, kita harus berangkat ke tengah-tengah laut sebelum matahari terbit. Hal ini karena lumba-lumba akan bermunculan antara jam 6 sampai jam 8 pagi. Sangat menarik sekali aksi binatang laut yang satu ini.

Para wisatawan yang berkunjung dapat menyewa perahu yang khusus disediakan untuk wisata bahari ini. Sembari menuju ke tengah laut untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba, kita juga dapat menyaksikan keindahan alam perairan laut lovina yang tergores di sekitar pantai lovina. Selain itu, kita juga dapat menikmati obyek wisata ini selama kurang lebih 3 jam. Dengan senang hati, para nelayan akan mengantar para wisatawan ke tempat lumba-lumba sering bermunculan.

Leave a Reply