Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Jika disinggung soal buah mangga, pasti yang terbayang dibenak anda adalah salah satu buah yang sering menjadi penanda istri sedang hamil. Kebanyakan orang nyidam selalu menginginkan buah yang rasanya asam dan buah mangga menjadi salah satu buah yang banyak diinginkan di saat masa awal kehamilan atau tanda – tanda kehamilan sudah mulai muncul.

Lepas dari buah buruan saat istri ngidam, buah mangga ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah mangga umumnya dikenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini sangat berguna bagi kekebalan tubuh. Selain itu masih terdapat banyak manfaat buah mangga bagi kesehatan seperti:

  1. Penangkal kanker

Beberapa orang kurang begitu suka buah mangga karena alasan rasanya yang asam. Namun jika mengetahui manfaat buah mangga sebagai salah satu penangkal kanker, tentu mereka akan berpikir lagi untuk mengkonsumsi buah asam manis ini.

Buah mangga mengandung senyawa penting antara lain quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methilgallat yang dipercaya mampu menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payu dara dan prostat. Jadi, lupakan asamnya dan ingat manfaatnya.

  1. Nutrisi untuk mata

Selain kaya akan vitamin C, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sangat berguna bagi kesehatan mata.

Mata merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga. Sebagai indera penglihatan kesehatan mata tentu harus sangat diperhatikan. Supaya penglihatan lebih baik, maka asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata juga harus tercukupi. Kebutuhan vitamin A ini bisa anda cukupi dengan mengkonsumsi buah mangga.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat bisa memicu berbagai jenis penyakit berbahaya salah satunya adalah penyakit jantung. Oleh karena itu jangan biarkan kadar kolestrol dalam diri anda semakin menumpuk. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah mangga. Buah mangga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, pectin dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Melindungi organ pencernaan

Serat alami yang terkandung di dalam buah mangga sangat berguna bagi organ pencernaan. serat alami ini mampu melindungi dan menyehatkan organ pencernaan.

  1. Nutrisi untuk kulit

Bagi anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, buah mangga memiliki manfaat yang berguna untuk menghilangkan jerawat anda. Kandungan yang terdapat di dalam buah mangga mampu menghilangkan berbagai kotoran yang menyumbat pori – pori yang menjadi penyebab jerawat.

  1. Menurunkan berat badan

Serat dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga mampu membuat anda merasa kenyang sehingga nafsu makan bisa ditekan. Sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Karena alami maka menurunkan berat badan dengan mengkonsumi ini lebih sehat dan tentunya bisa mencukupi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Tinggal di perkotaan dan selalu berdampingan dengan banyaknya radikal bebas di sekitar tentu sangat mengancam kesehatan tubuh anda. Untuk menjaga agar tubuh tidak mudah sakit, maka system kekebalan tubuh harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah mangga. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi serta berbagai nutrisi lainya sangat bermanfaat bagi system kekebalan tubuh.

Leave a Reply