Home >> Umum >> Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan
Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

Beberapa orang tidak suka buah sawo karena tampilanya yang menyeramkan. Apalagi saat masih mentah, warna kulitnya yang buram dan kasar seperti kulit orang yang tidak terurus. Tetapi jika sudah dibersihkan kemudian dibiarkan masak maka warnanya akan berubah menjadi lebih terang dan yang pasti rasa manis legitnya bakal membuat anda ingin makan lagi dan lagi.

Buah sawo tumbuh subur di daerah tropis. Indonesia sebagai salah satu Negara tropis banyak yang menanam tanaman buah yang satu ini. maka tidak heran jika pas musimnya, anda akan sangat dengan mudah menemukan buah ini berjajar di lapak pedagang di pasar.

Meski dianggap tampilanya menyeramkan, namun buah sawo ini memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat sawo bagi kesehatan:

  1. Menangkal kanker

Buah sawo mengandung antioksidan, serat, vitamin A dan beberapa nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai ancaman kesehatan termasuk salah satunya adalah kanker. Penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakuktkan. Selain biaya perawatan yang mahal, pengidap kanker juga kerap berujung pada kematian. Oleh sebab itu, salah satu langkah yang efektif untuk mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi sawo.

  1. Memberikan nutrisi untuk mata

Meski sawo tidak memiliki warna merah seperti warna merah pada kulit apel, namun sawo memiliki vitamin A yang tidak kalah dengan kandungan vitamin A buah apel. Kandungan vitamin A pada buah sawo juga berguna bagi organ mata. Jadi dengan mengkonsumsi buah sawo, penglihatan anda akan terjaga kesehatanya.

  1. Nutrisi untuk tulang

Seiring bertambahnya usia, nutrisi untuk tulang tetap harus dipenuhi. Jangan sampai di masa tua kelak anda mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan tulang anda. Buah sawo mengandung kalsium, fosfor dan zat besi yang berguna untuk memberikan nutrisi tulang. Dengan tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang, maka tulang anda akan menjadi kuat.

  1. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sangat mengerikan. Rasa sakit yang diakibatkan sembelit jika terus – terusan dialami bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengatasi sembelit, kebutuhan serat harus terpenuhi. Untuk mencukupinya ini buah – buahan dan sayuran adalah solusi yang terbaik. Sawo termasuk salah satu buah – buahan yang kaya akan serat. Kandungan serat alami sawo sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

  1. Nutrisi untuk kulit

Selain mengandung vitamin A, sawo juga mengandung vitamin E. vitamin ini sangat baik untuk menyehatkan kulit. Dengan tercukupinya vitamin E, maka kulit anda akan sehat dan tampak awet muda.

  1. Mencegah anemia

Kandungan folat serta zat besi dalam buah sawo sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Jika anda sering mengalami kurang darah atau anemia, cobalah untuk mengkonsumsi buah sawo.

  1. Mencegah batuk

Sawo bisa membantu menghilangkan lendir dan dahak yang terdapat pada rongga hidung dan saluran pernafasan. Oleh karena itu manfaatkan buah sawo untuk mencegah batuk.

Leave a Reply