Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi merupakan salah satu bagian penting dari tubuh. Gigi memiliki peran membantu menghaluskan makanan sebelum masuk ke dalam system perncernaan. Makanan yang sudah halus memudahkan system pencernaan untuk menyerap sari makanan. Selain itu, makanan yang sudah halus bisa melancarkan system pencernaan.

Karena gigi selalu bekerja untuk mengunyah makanan setiap saat, gigi sangat mudah menjadi kotor oleh sisa makanan yang masih menempel. Jika sisa makanan ini tidak dibersihkan maka bisa membuat masalah bagi gigi seperti plak dan gigi berlubang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan gigi demi kesehatan gigi itu sendiri.

Berikut ini cara mudah menjaga kesehatan gigi:

  1. Hindari makanan manis

Makanan manis memang sangat enak di mulut akan tetapi bisa berakibat sangat buruk bagi kesehatan gigi. Makanan manis bisa masuk ke celah – celah gigi atau bahkan masuk ke lubang gigi yang tak terlihat. Akibatnya, gigi akan mudah berlubang hingga mengalami kerusakan. Makanan manis ini juga termasuk salah satu tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang. Sehingga jika terlalu sering mengkonsumsi makanan manis yang tidak diberingi oleh perawatan gigi maka sakit gigi akan menjadi ancaman yang serius bagi anda.

  1. Rutin menyikat gigi

Menyikat gigi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membersihkan gigi. Dengan menyikat gigi, segala sisa makanan yang menempel pada gigi atau yang mengendap di sela – sela gigi bisa terangkat serhingga gigi akan menjadi elbih bersih dan menjadi lebih sehat. Biasakan menyikat gigi dua kali dalam sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.

  1. Rutin ke dokter gigi

Terkadang menyikat gigi saja tidak membuat kita terhindar dari masalah gigi. Gigi berlubang, karang gigi, gusi mudah berdarah dan lain sebagainya masih menjadi contoh beberapa masalah yang dialami. Untuk itu, perlu merawat gigi dengan rutin berkunjung ke dokter gigi untuk mengetahui dan mendapatkan perawatan yang tepat untuk gigi.

  1. Hindari rokok

Jika anda mempunyai kebiasaan meroko, sebaiknya anda mulai menghentikan kebiasaan tersebut. sebab, merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk gigi. Kandungan nikotin dalam rokok sangat tidak baik bagi kesehatan gigi. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa membuat warna gigi putih anda berubah menjadi kuning. Dengan kondisi seperti itu, tentu anda akan menjadi kurang percaya diri akan menururn.

Leave a Reply