Home >> Umum >> Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin
Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Salah satu hal yang paling tidak disukai selain bangun pagi adalah mandi pagi. Dengan udara yang masih dingin, tentu kebanyakan orang tidak mau selimutnya diambil. Mereka lebih betah bersembunyi dibalik selimut daripada harus bangun. Apalagi jika disuruh mandi pagi, tentu banyak dinginya air di pagi hari membuat mereka ketakutan untuk menyentuh air. Bagi mereka yang tidak berani menyentuh air, biasanya mereka menyiapkan air panas.

Meski mandi pagi dengan air dingin merupakan kebiasaan yang sangat sulit dilakukan oleh mereka yang tidak terbiasa namun dibalik itu semua, mandi pagi dengan air dingin ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mau tahu?

Berikut manfaat mandi pagi dengan air dingin:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dinginya air membuat banyak orang takut untuk menyentuhnya, apalagi di pagi hari. Namun mandi air dingin di pagi hari justru sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mandi pagi tubuh akan terangsang untuk memproduksi sel darah putih yang lebih banyak. Sel darah putih berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal serangan berbagai kuman, bakteri hingga virus yang membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat mandi pagi dengan air dingin selanjutnya adalah berguna melancarkan sirkulasi darah. Dengan aliran darah yang lancar, organ – organ tubuh akan terjaga kesehatanya termasuk kesehatan otak. Darah yang lancar mengalir ke otak mampu membuat anda jauh dari sakit kepala atau migraine. Selain itu, dengan mandi pagi dengan air dingin proses penyembuhan akan semakin cepat dan mampu mengurangi peradangan.

  1. Mengurangi stress

Seperti yang sudah disinggung di atas, aliran darah yang lancar akan membuat organ – organ tubuh terjaga kesehatanya. Darah yang mengalir juga membawa oksigen sangat dibutuhkan oleh organ – organ penting di dalam tubuh. Pasokan oksigen yang terpenuhi mampu mengurangi tingkat stress yang dialami oleh seseorang.

  1. Meningkatkan kesuburan kaum pria

Mandi pagi dengan air dingin dipercaya mampu meningkatkan kesuburan kaum pria. Sebab, mandi pagi dengan air dingin mampu merangsang produksi hormone testosterone yang berkaitan dengan kesuburan.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Jika anda mengalami masalah dengan rambut yang mudah rontok, cobalah untuk rutin melakukan mandi pagi. Mandi pagi dipercaya mampu memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan kusam.

Leave a Reply