Home >> Umum >> Mengatasi Susah Tidur Usai Terbangun di Tengah Malam
Mengatasi Susah Tidur Usai Bangun Tengah Malam

Mengatasi Susah Tidur Usai Terbangun di Tengah Malam

Terbangun di tengah malam merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun kebanyakan orang yang terbangun tengah malam mengalami kesulitan untuk bisa tidur lagi. Padahal untuk bisa kembali fit ketika bangun di pagi hari dibutuhkan tidur yang berkualitas termasuk jam tidur yang cukup. Akan tetapi jika sudah terbangun dan susah untuk tidur lagi, maka akan sangat mengganggu aktivitas kerja. Di kantor biasanya mata akan sangat ngantuk dan berat. Setiap meeting penting juga jadi berantakan gara – gara tidak bisa tidur di malam hari.

Jika hal tersebut juga anda alami, berikut tips agar bisa tidur kembali usai terbangun di tengah malam:

  1. Jangan nyalakan lampu

Menurut sebuah studi, cahaya lampu dapat merangsang otak untuk lebih waspada. Oleh karena itu begitu anda terbangun dan menyalakan lampu maka mata anda akan semakin susah untuk diajak kompromi untuk tidur kembali.

  1. Membaca

Membaca bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang membosankan. Sebab itulah, membaca bisa menjadi alternative bagi anda yang susah tidur kembali usai terbangun di tengah malam. Tetapi yang perlu diperhatikan, adalah bahan bacaan sebaiknya jangan membaca bacaan yang seru dan menegangkan. Sebab itu malah bisa membuat anda semakin penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Akibatnya anda malah semakin bersemangan untuk membaca. Pilihlah bahan bacaan yang membosankan sehingga dapat membuat anda menjadi ngantuk dibuatnya.

  1. Jangan main gadget

Jika sudah terbangun, jangan mencoba untuk memainkan gadget anda melihat pesan masuk atau obrolan dari teman melalui media social. Jika anda menemukan ada pesan masuk dari teman yang masih online maka anda malah akan terpancing untuk membalas dan malah mengobrol dengan teman anda tersebut. itu kemudian bisa membuat anda semakin susah untuk kembali tidur.

  1. Tetap berbaring

Ketika sudah terbangun, tetaplah berbaring di atas kasur anda. Jika memang anda membutuhkan untuk minum maka segeralah ambil minuman anda lantas berbaring kembali. Sebab, semakin lama anda berdiri atau duduk maka tubuh anda akan menafsirkan sebagai alasan agar anda tetap terjaga. Akibatnya anda akan semakin susah untuk tidur kembali.

  1. Jangan makan

Jangan anggap dengan memberi perut makanan anda akan bisa tidur kembali. Makan malah membuat otak dan tubuh anda tetap terjaga hingga pagi hari. Makan di malam hari menurut beberapa penelitan juga tidak baik. beberapa studi menyebutkan makan di malam hari bisa membuat perut buncit atau mudah mengalami kegemukan.

  1. Relaksasi

Lakukan relaksasi untuk membuat otot – otot yang tegang kembali kendur. Rileksasi bisa dilakukan dengan cara menarik nafas dalam – dalam kemudian dihembuskan secara perlahan. Ulangi beberapa kali.

Leave a Reply