Home >> Umum >> Tips Mengatasi Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan
Tips Mengatasi Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Tips Mengatasi Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan

Ketika enak – enak makan ikan tanpa kita sadari ternyata ada duri yang ikut tertelan. Bukanya meluncur ke dalam perut, duri tersebut malah nyangkut di tenggorkan. Meskipun ukuranya sangat kecil namun jika sudah menancap di bagian dalam tenggorokan maka bisa membuat anda merasa tidak nyaman tiap kali menelan makanan dan minuman atau hanya sekedar menelan ludah. Rasa nyeri akan terus muncul tiap kali makanan atau minuman melewati tenggorokan.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang – orang untuk mengatasi duri ikan yang nyangkut di tenggorokan, seperti :

  • Minum air putih hingga duri tersebut tertelan bersama air masuk melewati tenggorokan
  • Makan nasi bulat – bulat atau biarkan teskturnya masih kasar saat ditelan.
  • Menarik salah satu atau kedua daun telinga sambil menelan makanan atau minuman. Cara ini terdengar sedikit aneh namun cukup efektif bagi kebanyakan orang.
  • Jika segala cara sudah dilakukan tapi belum berhasil, cara yang terakhir adalah pergi ke dokter THT untuk meminta bantuan mengangkat duri ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Beberapa orang yang pernah mengalami masalah duri ikan yang nyangkut di tenggorokan mengaku duri tersebut bisa lepas dengan sendirinya. Sebelumnya, duri tersebut juga membuat mereka merasa tidak nyaman.

Salah satu ikan yang memiliki duri yang sering nyangkut di tenggorokan adalah ikan bandeng. Di bagian tengah tubuh hingga ke bagian ekor, terdapat duri – duri kecil yang sedikit kaku. Duri – duri tersebut berbeda dengan duri yang terdapat di sekujur daging yang lebih lunak hingga terkadang tertelan pun tidak akan tersangkut di tenggorokan.

Daging ikan bandeng memang sangat lezat akan tetapi harus hati – hati ketika memilah dan memilih durinya. Jangan sampai ada duri yang menjadi masalah di tenggorokan anda. Apalagi anda menyajikan bandeng tersebut untuk buah hati anda.

Pergi ke dokter THT sekedar meminta bantuan untuk mengangkat duri ikan yang nyangkut di tenggorokan mungkin sedikit memalukan. Akan tetapi jika sudah menjadi masalah yang menjengkelkan dan semua cara tidak bisa mengatasinya, maka inilah pilihan terbaik untuk anda.

Leave a Reply