Home >> Gaya Hidup >> Tips Menjaga Berat Badan setelah Sukses Diet
Tips Menjaga Berat Badan setelah Sukses Diet

Tips Menjaga Berat Badan setelah Sukses Diet

Kebanyakan orang menganggap diet merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Aturan ketat untuk mensukseskan program diet sama seperti mereka harus menahan diri untuk melakukan hal yang biasa dilakukan atau menahan hal yang sebenarnya ingin dilakukan. Namun yang tersulit dari diet sebenarnya adalah bukan proses dietnya tetapi menjaga berat badan setelah sukses diet.

Tubuh yang proporsional setelah sukses diet memang menjadi hasil yang sepadan dengan perjuangan keras setelah melakukan diet ketat. Akan tetapi tubuh yang telah kembali ke berat yang ideal ini bisa saja kembali mengalami peningkatan berat badan apabila tidak dijaga dengan baik. bisa – bisa proses diet ketat yang sangat berat dilalui menjadi sia – sia karena berat badan kembali bertambah.

Oleh karena itu, untuk menjaga berat badan setelah diet ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Olahraga

Selama program diet, olahraga menjadi menu lain yang harus dijalankan. Olahraga sangat membantu dalam proses pembakaran lemak yang terdapat di dalam tubuh. Begitu pun setelah program diet. Diet memang bisa membantu menurunkan berat badan tapi tidak memberikan jaminan jika berat badan tidak akan kembali naik lagi. Oleh sebab itu, dengan rutin berolahraga berat badan yang telah sukes kembali ke berat yang ideal akan tetap terjaga. Selain itu dengan rutin berolahraga tubuh juga menjadi lebih sehat.

  1. Mengatur keseimbangan nutrisi

Setelah mengalami masa – masa sulit selama diet yang menjauhkan dari makanan yang biasanya disukai seperti makanan gorengan, junk food dal lain sebagainya. Ketika diet sudah berhasil tentu rasa ingin kembali mencicipi makanan yang telah lama tidak masuk ke dalam kerongkongan pasti ada. Boleh – boleh saja makan makanan tersebut asal masih diperhatikan porsi dan frekuensi makanan tersebut. sebaiknya tetap perhatikan keseimbangan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, apabila hal ini tidak diperhatikan betul maka tubuh bisa kembali melar dan terpaksa program diet ketat kembali dijalankan.

  1. Mengunyah

Hal yang begitu sepele yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah mengunyah makanan sampai halus sebelum menelanya. Makanan yang dikunyah sampai halus bisa membantu mempermudah system pencernaan. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam makanan juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

  1. Kebutuhan vitamin D

Vitamin D selain baik untuk tulang ternyata juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar leptin di otak. Leptin mempunyai peranan yang penting dalam mengabarkan bahwa anda masih dalam keadaan kenyang jadi tidak perlu untuk makan lagi.

  1. Jaga mood

Mood dan berat badan, mungkin terdengar tidak nyambung tetapi mood sebenarnya berhubungan erat dengan hormone yang berkaitan dengan berat badan. Penting untuk menjaga mood agar pola makan juga terjaga sehingga berat badan yang sudah didapatkan dengan susah payah melalui diet bisa tetap terjaga.

Leave a Reply