Home >> Tekno >> Internet >> Tips Belanja Online yang Aman
Tips Belanja Online yang Aman

Tips Belanja Online yang Aman

Di era dunia digital, semua orang bisa mendapatkan dan melakukan banyak hal termasuk menjadi penjual dadakan. Meski tidak memiliki lapak jualan seperti halnya penjual yang berjualan di pasar, namun dengan keahlian di bidang marketing jualan milik orang pun bisa menjadi milik kita. Caranya dengan kita menjadi penjual kedua dan menawarkan produk tersebut ke calon pembeli kita.

Bukan hanya para penjualnya saja yang semakin bertambah tetapi juga oknum lain yang dalam tanda kutip memanfaatkan kemudahan teknologi sekarang ini untuk meraup untung dengan tipu daya kepada konsumenya. Apalagi saat ini tren belanja online semakin meningkat.

Supaya terhindar dari para oknum tidak bertanggung jawab itu, perhatikan tips belanja online yang aman di bawah ini:

Lakukan riset terhadap situs jual beli online tersebut

Maraknya situs jual beli online juga kerap dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Netizen tentu masih ingat dengan peristiwa customer yang membeli smartphone ternama namun yang diterimanya malah sabun batangan. Supaya hal tersebut juga tidak terjadi pada anda, sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap situs jual beli online tersebut. periksa dengan detail profil mereka.

Untuk lebih meyakinkan lagi, cobalah untuk mencari ulasan yang lebih lengkap terkait situs jual beli online tersebut dari mesin pencari seperti Google atau mesin pencari yang lain. jika ada ulasan yang menyebutkan bahwa situs tersebut banyak bermasalah maka sebaiknya jangan mencoba untuk melakukan transaksi jual beli di situs tersebut.

Perhatikan kebijakan situs tersebut terhadap data privasi anda

Kebanyakan orang terlalu malas untuk membaca kebijakan dari situs tertentu. Bagaimana tidak, kebijakan biasanya ditulis memanjang dan membuat jenuh untuk membaca. Namun jika tidak diperhatikan dengan detail, anda sendiri bisa rugi jika suatu saat ada klaim namun klaim anda sudah disanggah oleh kebijakan dari situs tersebut. misalkan ada klaim barang cacat atau barang tertukar. Meski nilai nominalnya tidak seberapa namun jika barang yang anda beli tidak sesuai dengan harapan maka anda sendiri yang akan kecewa tanpa bisa mengajukan apa – apa.

Jangan tergoda harga murah

Ketika ada tawaran menarik misal barang bermerk yang dijual dengan potongan harga yang tidak wajar maka anda sebaiknya patut waspada. Jika tawaran tersebut datang dari pihak situs resmi mungkin masih bisa dipertanggung jawabkan tetapi jika tawaran itu datang dari email, anda harus sangat hati – hati jangan sampai jatuh pada bujuk rayunya. Email tersebut biasanya spam. Spammer sangat lihai sekali dalam membuat kerjaan seperti ini. mereka seolah – olah merupakan email asli dari pihak situs. Padahal yang sebenarnya adalah mereka hanya oknum yang mendompleng nama situs tersebut. jika mereka meminta anda untuk memasukan ID dan password sebaiknya jangan pernah anda lakukan karena saat itulah mereka melakukan invasi atau bisa dibilang pembajakan akun pribadi anda.

Cari tahu web tersebut aman atau tidak

Untuk mengetahui situs yang anda kunjungi itu aman atau tidak, lihatlah di bagian status bar pada browser anda. Jika terdapat tanda berupa gambar gembok maka situs yang anda kunjungi itu aman. Itu artinya situs tersebut sudah dienkripsi. Biasanya situs yang awalnya http akan berubah menjadi ‘shttp’ atau ‘https’.

Perikasa harga total

Sebelum masuk ke pembayaran, lihat terlebih dahulu harga total barang yang akan anda beli. Harga ini tidak hanya pada harga barang saja tetapi juga pada keseluruhan harga mulai dari ongkos bungkus hingga ongkos kirim. Bisa saja harga barangnya mendapatkan diskon tetapi tidak demikian dengan ongkos kirim yang membengkak. Coba bandingkan dulu dengan situs yang lain.

Pertimbangkan cara pembayaran

Situs jual beli online biasanya menyediakan banyak cara melakukan pembayaran. Bisa melalui kartu kredit atau transfer. Namun karena semakin banyaknya pencurian nomor kartu kredit, sebaiknya pembayaran dilakukan dengan PayPal atau COD. Setelah melakukan pembayaran jangan lupa simpan bukti pembayaran.

Amankan perangkat anda

Jika situs yang anda kunjungi sudah aman tapi bukan berarti anda sudah benar – benar aman. Sebab, jika di perangkat anda telah disusupi oleh virus atau malware maka mereka bisa merekam, mengcopy, memodifikasi dan mengambil data pribadi anda. Sebaiknya pasang antivirus yang sudah terbukti dan jangan lupa untuk selalu melakukan update secara teratur supaya keamanan perangkat lebih terjamin.

Leave a Reply