Home >> Pendidikan >> Tips Kuliah ke Luar Negeri
kuliah di luar negeri

Tips Kuliah ke Luar Negeri

Meski terlahir di desa, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bisa merasakan pendidikan di luar negeri. Banyak para pakar pendidik di negeri ini yang terlahir dari keluarga petani di pedesaan namun bisa mengenyam pendidikan bergengsi di luar negeri. Bukan karena mereka terlahir sebagai pribadi yang super pintar. Tetapi ada usaha dibalik itu semua sehingga mereka bisa berhasil mewujudkan mimpi mereka.

Setelah mencari referensi dari berbagai sumber, salah satu referensi yang paling tepat menurut saya adalah bertanya langsung kepada orang yang telah berhasil mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri. Kesempatan tersebut bukan merupakan kesempatan yang langka. Sebab, banyak sekali beasiswa yang ditawarkan baik dari pihak swasta maupun pemerintah. Selain itu, banyak pula beasiswa dari luar negeri baik dari pihak kampus maupun dari program yang lainya. Jadi semua memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri.

Tips kuliah di luar negeri

Hilangkan keraguan

Keraguan menjadi salah satu yang menghambat diri untuk meraih mimpi. Jika masih terdapat keraguan dalam diri, cobalah tanya kembali pada diri anda apa yang sebenarnya saat ini menjadi prioritas. Apakah kuliah? Kerja? Atau menikah?

Setelah benar – benar mengetahui priortias yang sebenarnya anda inginkan, maka hilangkanlah semua keraguan itu dan melangkahlah dengan penuh keyakinan dengan keputusan anda itu. barengi dengan usaha dan doa.

Tetapkan tujuan

Setelah tidak ada lagi keraguan yang menyelimuti diri anda, selanjutnya tetapkan tujuan anda. Jurusan apa yang ingin anda ambil? Mengapa ingin mengambil jurusan itu? di mana anda ingin menempuh pendidikan tersebut? kapan program beasiswa dan program pendidikan dimulai?

Saat ini sangat mudah sekali untuk mendapatkan referensi dan informasi lengkap dunia perkuliahan. Semua jawaban yang anda butuhkan bisa anda dapatkan dengan mudah dengan browsing di internet. Jika anda menginginkan mendapatkan beasiswa perhatikan kapan beasiswa itu dibuka dan perhatikan dengan detail persyaratan yang dibutuhkan. perhatikan pula kapan intake dari universitas yang anda tuju dibuka.

Bagaimana anda mewujudkan tujuan kuliah di luar negeri

Salah satu hal yang menjadi kendala bila ingin kuliah di luar negeri adalah keuangan. Tentu butuh biaya yang tidak sedikit untuk kuliah di negeri orang. Mulai dari biaya perjalanan, biaya hidup hingga biaya pendidikan. Bagi yang berasal dari background keluarga mampu dan sudah matang tentu hal tersebut tidak akan terlalu menjadi kendala. Tetapi tidak demikian dengan mereka yang berasal dari kalangan sederhana atau bahkan bisa dikategorikan kurang mampu. Beasiswa biasanya menjadi harapan bagi mereka untuk dapat mewujudkan impian kuliah di luar negeri.

Mengejar beasiswa berarti anda juga harus siap bersaing ketat dengan jutaan orang yang juga menginginkan beasiswa tersebut. hal tersebut sering kali membuat kita juga psimis. Namun yang perlu diingat, semakin besar hal yang ingin dicapai maka semakin besar pula perjuanganya. Oleh karena itu, yakinkan diri anda. Jika orang lain bisa kenapa anda tidak? semua memiliki peluang akan tetapi bisa tidaknya peluang itu anda ambil tergantung seberapa jauh usaha yang anda lakukan untuk mencapainya.

Leave a Reply