Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami
Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Gigi merupakan salah satu bagian penting dari tubuh yang harus dijaga. Selain berfungsi untuk membantu menghaluskan makanan yang masuk ke dalam system pencernaan, gigi juga sangat berperan penting untuk menunjang penampilan. Ketika anda tersenyum, dengan gigi yang sempuran maka anda akan senyum akan tampak semakin menawan. Akan tetapi jika terdapat satu atau lebih gigi yang hilang, maka senyum anda berubah menjadi suatu candaan. Anda pun akan menjadi kurang percaya diri jika tersenyum.

Sebagai asset yang sangat berharga, gigi harus dijaga dan dirawat supaya tidak mengalami berbagai masalah terkait kesehatan gigi. Beberapa jenis makanan yang anda konsumsi juga harus diperhatikan. Beberapa sangat berdampak buruk pada gigi.

Makan makanan manis tanpa diimbangi dengan menggosok gigi secara rutin bisa membuat gigi mudah berlubang. Pada awalnya, lubang – lubang kecil yang terdapat pada gigi ini tidak kasat mata. Namun begitu lubang mulai semakin bertambah parah maka anda akan merasakan dampak yang buruk yaitu sakit gigi.

sakit gigi
sakit gigi

Beberapa anak muda yang sedang di masa – masa galau, biasanya lebih memilih sakit hati dari pada sakit gigi. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat menderita sakit gigi bisa menjadi sangat buruk bahkan tidak tertahankan lagi. Meski hanya satu gigi saja yang mengalami masalah namun seluruh tubuh rasanya sakit semua. Apalagi bagian kepala, sakit kepala yang diderita akibat sakit gigi bisa lebih parah dari pada sakit kepala migrtain atau sakit kepala biasa.

Jika anda menjumpai orang yang menderita sakit gigi maka jangan mencoba – coba untuk mengganggunya. Itu akan sama saja anda mencoba membangunkan harimau yang sedang tidur. Orang tersebut akan mengamuk tak terkendali. Tidak diganggu saja, penderita sakit gigi biasanya langsung ngamuk – ngamuk akibat sakit yang tidak tertahankan lagi.

Mengetahui betapa mengerikanya sakit gigi ini, anda sebaiknya selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan perawatan yang rutin seperti rajin menggosok gigi dan juga rutin memeriksakan gigi ke dokter. Jika memang perlu perawatan khusus seperti pembersihan karang gigi atau penambalan gigi yang berlubang sebaiknya segera dilakukan sebelum gigi mengalami kerusakan yang semakin buruk.

Pergi ke dokter gigi terkadang bagi sebagian orang merupakan tempat yang paling buruk. Membayangkan putaran mata bor yang akan menembus gigi kerap membuat orang takut untuk bertemu dokter gigi. Namun jika hal tersebut merupakan pilihan terakhir yang harus diambil maka mau tidak mau harus segera masuk ke ruangan dokter untuk mendapatkan perawatan. Jika anda termasuk salah satu yang takut pergi ke dokter gigi, mungkin cara mengobati sakit gigi secara alami berikut bisa anda coba sebelum anda menghadapi ketakutan anda bertemu dengan dokter gigi.

Cara mengobati sakit gigi secara alami

Air garam

Masyarakat banyak yang percaya, sakit gigi bisa sedikit diredakan dengan air garam. Biasanya, mereka memanfaatkan garam dapur yang diseduh dengan air panas kemudian dijadikan obat kumur. Cara ini hingga saat ini masih dipercaya mampu mengatasi sakit gigi yang tidak tertahankan.

Bawang putih

Bawang putih yang sangat sedap digunakan untuk bumbu masakan ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya dengan menghaluskan satu siung bawang putih dicampur dengan garam kemudian diaplikasikan pada bagian gigi yang sakit. Setelah sakitnya mereda, kumur – kumur dengan air garam.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin c yang cukup tinggi. Salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa paling kecut ini selain enak dijadikan minuman juga bisa dijadikan obat ampuh menyembuhkan sakit gigi. Caranya, ambil perasan jeruk nipis kemudian dilumurkan pada gigi yang sakit. Lakukang berulang setiap 10 – 15 menit hingga rasa nyeri berkurang.

Bawang merah

Saudara dari bawang putih, bawang merah juga memiliki khasiat mengobati sakit gigi. Bawang merah mengandung anti mikroba dan anti septic yang dipercaya mampu menuntaskan sakit gigi. Caranya, haluskan satu siung bawang merah kemudian oleskan pada gigi yang sakit. Kandungan antiseptic dalam bawang merah ini dipercaya mampu membunuh kuman yang menjadi penyebab sakit gigi.

Merica

Ketika nyeri akibat sakit gigi sudah tidak tertahankan lagi, cobalah atasi dengan pasta merica. Untuk membuatnya, ambil takaran merica dan garam dalam jumlah yang sama. Kemudian campurkan dengan sedikit air. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta. Setelah jadi, oleskan pasta merica tersebut ke bagian gigi yang berlubang atau yang mengalami nyeri.

Leave a Reply