Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Cara Mencegah Sakit Kepala dengan Mudah
Cara Mencegah Sakit Kepala dengan Mudah

Cara Mencegah Sakit Kepala dengan Mudah

Beritalamongan.com – Salah satu hambatan yang mengganggu dalam bekerja adalah sakit kepala. Jika sakit kepala datang, otak tidak akan bisa diajak kompromi untuk menyelesaikan tugas – tugas yang sudah menunggu di atas meja. Minum obat bisa menjadi kebiasaan yang tidak baik jika sedikit – sedikit sakit kepala langsung minum obat. Setelah minum obat sakit kepala bisa reda tetapi tidak dengan efek lain yang bisa ditimbulkan mengingat obat juga mengandung berbagai bahan kimia.

Stress dan jam kerja yang terlalu panjang bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Jika sakit kepala ini tidak dicegah, sakit kepala ini bisa menjadi serangan migraine. Namun untuk mencegahnya, bukan berarti anda harus meninggalkan pekerjaan. Berikut ini ada beberapa cara mencegah sakit kepala dengan mudah:

Istirahat sejenak

Sakit kepala bisa datang kapan saja. Termasuk di saat anda sedang seriusnya mengerjakan tugas anda. Jika sakit kepala datang menyerang, penting bagi anda untuk beristirahat sejenak. Buat tubuh anda rileks. Bila perlu ambil beberapa menit untuk istirahat dan memejamkan mata.

Makan camilan

Selain stress, penyebab sakit kepala juga bisa terjadi jika gula darah atau tekanan darah menurun. Untuk menjaga kadar gula darah, anda bisa makan camilan. Sebaiknya pilih camilan yang mengandung protein dan magnesium supaya anda tetap fit untuk menghadapi waktu – waktu anda di dalam kantor.

Selain mencegah sakit kepala, makan camilan atau ngemil juga sangat efektif agar anda tidak mengantuk selama menghabiskan beberapa jam waktu anda untuk bekerja.

Pijat kepala

Pijat merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan rileksasi. Termasuk ketika anda mengalami masalah sakit kepala, pijatan di titik pusat ketegangan bisa membantu mengurangi stress dan mencegah sakit kepala.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tidak sadar selama duduk berjam – jam di depan layar computer, cairan di dalam tubuh anda akan menurun. Akibatnya anda akan mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan anda dengan minum air putih yang banyak. Minimal kebutuhan cairan dua liter perhari tercukupi.

Tinggalkan layar computer

Terlalu lama menatap layar computer adalah salah satu penyebab sakit kepala. Menatap layar terlalu lama menyebabkan otot di sekitar kepala dan lehar menjadi tegang. Akibatnya anda mudah mengalami sakit kepala.Tinggalkan sejenak layar computer anda. Jika tidak memungkinkan, alihkan pandangan mata ke arah lain.

Rutin olahraga

Terlalu lama duduk di depan layar computer dan jarang melakukan olahraga maka sakit kepala mudah datang menyerang anda. Dengan olahraga, tubuh anda akan menjadi lebih fleksibel sehingga otot – otot anda tidak mudah kaku dan nyeri. Olahraga juga bisa meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga anda tidak mudah mengalami sakit kepala.

Leave a Reply