Home >> Pendidikan >> Cara Mudah Fasih Berbahasa Inggris
cepat menguasai bahasa inggris

Cara Mudah Fasih Berbahasa Inggris

Mempelajari bahasa yang bukan merupakan bahasa utama dalam keseharian memang tidak akan semudah yang dibayangkan. Banyaknya kosakata yang harus diketahui begitu pula dengan pola kalimat yang dibentuk sering kali menjadi kendala orang ingin fasih dalam bahasa yang sedang dipelajari itu.

Sebenarnya yang perlu diperhatikan di sini adalah belajar bahasa itu bisa dengan mudah bila dilakukan sebagai kebiasaan. Jika anda masih belum begitu faham maksudnya, cobalah perhatikan bagaimana seorang bayi bisa mengucapkan kata mama atau papa. Bayi bisa menirukan kata tersebut karena saking seringnya sang ibu mengucapkan kata – kata tersebut kepada bayinya.

Pun dengan anda, semakin sering anda membiasakan diri dengan segala hal tentang bahasa inggris maka anda juga akan semakin cepat menguasai bahasa inggris. Karena bahasa inggris merupakan bahasa asing, anda tentu butuh pembiasaan diri terutama lidah dalam mengucapkan setiap kata dengan benar. Jika sudah bisa, maka anda bisa fasih berbahasa inggris. Tetapi jika anda masih belum begitu fasih, maka perhatikan beberapa hal dibawah ini agar anda mudah fasih berbahasa inggris.

Cara mudah fasih berbahasa inggris:

  1. Tanamkan rasa percaya diri

Seseorang sering kali tidak bisa selangkah lebih maju karena terhalang oleh ketidak percayaan diri yang dimiliki. Karena alasan takut melakukan kesalahan saat berbicara bahasa inggris atau bahkan karena masih saja merasa kurang menguasai banyak ilmu bahasa inggris akibatnya rasa kurang percaya diri akan semakin menjadi awan hitam yang mengganggu perkembangan berbahasa inggris.

Tanamkan rasa percaya diri yang kuat untuk membantu anda mudah fasih berbahasa inggris. Jangan takut untuk mencoba dan jangan takut untuk membuat kesalahan. Beranikan diri anda untuk mencoba. Ingat, semakin lama anda tidak membiasakan diri anda dengan bahasa inggris maka akan semakin jauh anda dari fasih berbahasa inggris. Biarpun salah, toh namanya juga belajar juga. Jadi wajar kalau pun pada percobaan berkomunikasi dengan bahasa inggris anda melakukan kesalahan. Perbaiki kesalahan tersebut dan jangan ragu untuk terus mencoba.

  1. Pelajari ungkapan atau kalimat

Sudah memiliki bekal kosakata yang banyak akan tetapi tidak tahu bagaimana cara menggunakanya ? tentu hal tersebut akan sia – sia. Oleh sebab itu, cobalah untuk mempelajari ungkapan atau kalimat kemudian aplikasikan kosakata yang telah anda kuasai untuk memperdalam pemahaman supaya lebih mudah fasih dalam berbahasa inggris.

  1. Latihan mendengar

Mempelajari bahasa orang asing tidak lengkap kalau belum mendengarkan dari sumber aslinya. Anda tidak perlu pergi ke luar sana, cukup pelajari dari film, radio atau berita yang berbahasa inggris. Analisa apa yang anda dengar. Belajar seperti ini akan sangat memudahkan anda untuk meniru setiap aksen yang diucapkan oleh mereka sehingga aksen yang anda ucapkan nanti juga akan semakin mirip dan pada akhirnya nanti anda akan semakin fasih berbahasa inggris.

  1. Latihan mengucapkan

Dengan latihan mengucapkan, anda bisa membangun kepercayaan diri anda. Mempelajari bahasa inggris tanpa pernah mempraktekan untuk mengucapkan maka juga tidak akan membuat anda menguasai bahasa inggris. Di dalam otak anda, mungkin semua bisa berjalan dengan lancar. tetapi jika sudah keluar dari lidah akan ada perbedaan yang bahkan menyebabkan otak dan lidah tidak sinkron. Hal ini karena lidah yang tidak terbiasa dengan kata atau kalimat dalam bahasa inggris juga akan kesulitan untuk melafalkanya.

  1. Meniru

Meniru intonasi dan setiap tekanan merupakan kunci penting jika ingin fasih berbahasa inggris. Untuk itu, pendengaran anda harus terbiasa dengan kata – kata yang diucapkan oleh bule atau dari actor. Bila perlu lakukan secar berulang – ulang hingga akhirnya anda bisa semakin lancar dalam berbahasa inggris.

Leave a Reply