Home >> Pendidikan >> Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris
Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris

Memang akan terasa sedikit susah ketika mempelajari suatu bahasa yang bukan merupakan bahasa utama dalam keseharian kita. Namun begitu kita sudah menguasainya maka kita akan dibuat keren olehnya. Seperti ketika kita mempelajari bahasa inggris, awalnya akan sangat terasa asing bagi anda. Namun ketika anda sudah bisa melafalkan satu dua kata maka akan merasakan sensasi yang berbeda.

Di tanah air, bahasa inggris sudah masuk dalam mata pelajaran sejak dari Sekolah Dasar. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, bahasa inggris sudah diperkenalkan di taman kanak – kanak. Meski sudah lama mengenyam mata pelajaran tersebut, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa inggris.

Kemampuan berbahasa inggris pada umumnya dibagi menjadi empat yaitu kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan menulis dan kemampuan membaca. Untuk keempat kemampuan tersebut kini semakin digiatkan di berbagai tingkat pendidikan. Kemampuan berbahasa inggris saat sangat dibutuhkan. Mereka yang ingin mendapatkan beasiswa diperlukan persyaratan nilai TOEFL yang bagus.

Akan menjadi masalah bagi kita yang notabene dalam keseharian tidak menggunakan bahasa inggris. Namun jika tekun dan bersungguh – sungguh mempelajari bahasa inggris tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan nilai yang bagus saat ujian TOEFL.

Nah, bagi anda yang ingin mempelajari bahasa inggris atau ingin mencari referensi untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian bahasa inggris, maka anda berada di tempat yang tepat untuk mengetahui cara cepat bisa bahasa inggris. Di bawah ini ulasan selengkapnya untuk anda:

  1. Baca kosakata bahasa inggris

Salah satu yang membuat anda kesulitan untuk mempelajari bahasa inggris adalah ketidak mauan anda untuk memperkaya kosakata bahasa inggris anda. Untuk menambah perbendaharaan kata ini, anda tidak perlu menghafal satu kamus penuh. Anda bisa memulainya dengan sangat mudah dan cepat dengan cara memulainya dengan cukup tahu nama – nama benda yang berhubungan dengan rutinitas harian.

  1. Dengarkan lagu berbahasa inggris

Untuk membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris. Dengarkan dan nikmati lagu tersebut berkali – kali kemudian coba tebak lirik yang dinyanyikan dalam lagu tersebut. jika sudah hafal selanjutnya bandingkan dengan lirik aslinya. Dari sana, anda akan mengetahui berapa banyak kesalahan yang anda perbuat. Jika masih banyak yang salah, jangan takut untuk mencoba lagi dan lagi. Cara ini bisa menjadi metode belajar bahasa inggris yang mudah dan menyenangkan.

  1. Tulis semua hal dengan bahasa inggris

Ingin meningkatkan kemampuan menulis, anda tidak perlu segan lagi untuk mulai menulis semua hal dengan bahasa inggris. Jika anda suka berkirim pesan atau obrolan dengan teman yang biasanya menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa utama dalam keseharian maka bisa dicoba menggantinya dengan bahasa inggris. Cobalah untuk melakukan sepanjang hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Maka dalam satu hari itu, anda akan selangkah lebih maju dalam penguasaan bahasa inggris khususnya dalam meningkatkan kemampuan menulis. Dari kemampuan ini, anda pun juga akan terbiasa melakukan komunikasi dengan berbahasa inggris biarpun sementara ini lewat tulisan.

  1. Berbicara dengan bahasa inggris penuh

Salah satu yang membuat anda sulit dalam belajar bahasa inggris adalah karena anda takut untuk memulai bicara menggunakan bahasa inggris. Mungkin anda takut salah. Namun hal tersebut wajar saja. Akan tetapi jika anda tidak pernah berani untuk mencoba berbicara maka anda akan semakin jauh dari kata bisa bahasa inggris.

Jika anda ingin cepat menguasai bahasa inggris, cobalah berlatih berbicara menggunakan bahasa inggris secara penuh sepanjang hari. Percaya dirilah dan buang keraguan atau ketakutan akan salah yang justru membuatmu semakin mundur. Beberapa orang sukses menghadapi ketakutan mereka dan membangun kepercayaan diri mereka untuk berbicara menggunakan bahasa inggris dengan cara berlatih berbicara dalam hati dan juga berlatih berbicara di depan cermin.

  1. Menonton film

Ketika anda memutuskan ingin cepat bisa bahasa inggris, maka inilah saatnya anda membiasakan diri anda dengan semua hal yang terkait dengan bahasa inggris termasuk menikmati film barat. Tetapi hindari film dengan penggunaan subtitle Indonesia. Biasakan diri dengan memperhatikan jalanya cerita baik lewat setiap potong adegan maupun dari setiap dialog yang mereka ucapkan. Dengan cara ini, anda akan menemukan berbagai hal menarik seputar bahasa inggris baik dari mimic, intonasi maupun berbagai kosakata baru yang digunakan oleh bule asli.

  1. Lakukan berulang – ulang

Mempelajari bahasa itu sangat kompleks. Anda hanya harus membiasakan diri anda dengan cara melakukan secara berulang – ulang supaya anda lebih fasih dengan bahasa yang sedang anda pelajari. Ketika anda sudah terbiasa dengan bahasa yang anda pelajari maka anda juga akan siap untuk berkomunikasi dengan orang bule. Atau jika anda sedang dalam masa persiapan menghadapi ujian bahasa inggris, maka anda akan semakin mantap untuk melibas semua soal yang biasanya menjadi kendala banyak orang.

Leave a Reply