Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Nutrisi yang Terkandung dalam Buntut Sapi
sop buntut sapi

Nutrisi yang Terkandung dalam Buntut Sapi

Selain daging, bagian lain dari sapi yang enak untuk dijadikan olahan adalah bagian buntutnya. Mungkin bagi anda yang belum pernah mencicipinya, bagian buntut atau ekor sapi ini termasuk salah satu makanan yang ekstrim bagi anda. Ekor, tentu saja memiliki banyak tulang dan lemak dan sangat sedikit daging yang dimiliki. Akan tetapi, kandungan nutrisi dalam ekor sapi tidak kalah dengan nutrisi yang terkandung dalam potongan daging sapi.

Ingin tahu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buntut sapi? Berikut ulasanya untuk anda:

  1. Kalori

Jika anda salah satu penikmat daging sapi yang sangat senang sekali dengan tekstur uratnya, jangan heran ketika anda memakan olahan buntut sapi anda tidak akan menemukan urat – urat daging sapi yang tebal. Buntut sapi lebih didominasi oleh tulang, lemak dan sedikit jumlah daging yang menempel pada tulangnya. Akan tetapi dari segi nutrisi, buntut sapi ternyata memiliki kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buntut sapi mengandung sebanyak 262 kalori. namun, jumlah kalori tersebut juga dipengaruhi oleh bagaimana cara memasak buntut sapi tersebut. bisa jadi jumlah kalorinya menurun mengingat untuk mengolah buntut sapi ini perlu perlakuan yang berbeda dengan daging sapi.

  1. Lemak dan kolesterol

Seperti halnya pada daging, di dalam buntut sapi juga terkandung lemak dan kolesterol. Dalam 100 gram buntut sapi terdapat 14,34 gram lemak. 5,56 gram di antaranya merupakan lemak jenuh. Sementara jumlah kolesterol yang terkandung di dalamnya adalah 141 miligram. Lemak dan kolesterol yang terkandung dalam buntut sapi masih dalam kadar normal bahkan cenderung lebih rendah.

  1. Sodium, protein

Meski banyak tulangnya, buntut sapi ternyata merupakan sumber protein baik. Dalam 100 gram buntut sapi juga mengandung 233 miligram sodium dan 30,93 gram protein.

  1. Nutrisi lain

Selain beberapa nutrisi di atas, terdapat nutrisi lain dalam 100 gram buntut sapi seperti 10 miligram kalsium dan 3,6 miligram zat besi. Kalsium tersebut tentu disumbang dari banyaknya tulang – tulang yang terdapat pada buntut sapi.

Nah, sudah tahu kan apa saja nutrisi yang terkandung dalam buntut sapi? Jadi di tengah harga daging yang terus melambung tinggi hingga bahkan sudah langka di beberapa tempat, buntut sapi bisa menjadi alternative lain untuk tetap mendapatkan sumber makanan yang bernutrisi. Selain bisa diolah menjadi makanan yang lezat seperti sop buntut sapi atau buntut sapi bakar, buntut sapi juga bisa memberikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalkan bagi remaja di masa pertumbuhan atau ibu hamil yang juga harus tercukupi protein dan kalsiumnya maka buntut sapi ini bisa menjadi sumber makanan bernutrisi yang baik untuk dikonsumsi.

Leave a Reply