Home >> Properti >> Tips Merawat Baja Anti Karat Dapur Bersih dan Mengkilat
Tips Merawat Baja Anti Karat Dapur Bersih dan Mengkilat

Tips Merawat Baja Anti Karat Dapur Bersih dan Mengkilat

Beritalamongan.com – Dapur para professional atau dapur modern biasa menggunakan baja anti karat. Tampilanya yang mengkilap menarik perhatian mata yang melihat. Apalagi jika baja anti karat tersebut terus dirawat. Maka tampilan bersih dan mengkilap akan membuat koki atau juru masak di dalamnya tetap betah untuk memasak.

Baja anti karat juga diaplikasikan pada dapur rumahan. Dengan menggunakan baja anti karat ini, tentu dapur anda akan terlihat lebih indah. Meskipun anti karat, namun tetap harus dirawat supaya warna mengkilapnya tetap terpancar setiap hari.

Berikut tips merawat baja anti karat dapur supaya bersih dan mengkilap

  1. Hindari baja anti karat dari benda kasar

Baja anti karat memiliki permukaan yang halus, tidak mudah keropos dan cenderung mudah untuk dibersihkan. Keunggulan lain dari baja anti karat ini adalah bisa menghalangi pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme.

Meski anti karat, bukan berarti karat dan noda tidak dapat dicegah. Jika pelindung baja anti karat ini tergores dengan benda kasar seperti sikat kawat atau benda lainya, kemudian terjadi kontak dengan air atau terkena bahan yang mengandung klorida maka baja anti karat ini rentan terhadap kerusakan.

  1. Gunakan alat pembersih yang tepat

Memilih alat kebersihan yang tepat seperti spons lembut dan kain microfiber bisa membuat baja anti karat dapur lebih awet. Jika anda menemukan noda yang membandel hindari membersihkanya dengan sikat baja. Gunakan alat kebersihan dengan bantalan dari plastic untuk mengatasi noda atau pekerjaan yang sulit tersebut.

  1. Bersihkan satu arah

Untuk menghindari goresan pada peralatan atau permukaan furniture baja anti karat, bersihkan mengikuti garis – garis pada permukaan tersebut. bersihkan secara satu arah agar peralatan tersebut lebih bersih dan baja anti karatnya juga awet.

  1. Bahan pembersih

Untuk memilih bahan pembersih peralatan atau furniture baja anti karat, sebaiknya hindari bahan pembersih yang mengandung klorida. Gunakan bahan pembersih yang mengandung:

  • Cuka

Bahan ini cocok untuk membersihkan kerak kapur yang biasa menempel di ketel atau termos pemanas

  • Baking soda

Bahan ini cocok untuk membersihkan endapan kopi

  • Pelarut alcohol

bahan ini sangat cocok untuk menghilangkan perekat

  • Semprotan kaca bebas klorida

Beberapa peralatan dapur memiliki permukaan seperti cermin. Bahan ini sangat cocok untuk membersihkan peralatan tersebut.

Tips membersihkan westafel anti karat:

Manfaatkan soda. Caranya tuang soda pada kain penyerap kemudian seka hingga kering untuk membersihkan westafel tersebut. campuran cuka dan minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membersihkan. Bersihkan dengan cara satu arah mengikuti garis – garis tipis permukaan baja anti karat.

Leave a Reply