Home >> Properti >> Tinggal di Rumah Pohon Modern
The Skypshere

Tinggal di Rumah Pohon Modern

Beritalamongan.com – Beberapa arsitek membangun rumah dengan konsep – konsep yang menarik mulai dari minimalis hingga ekstrim. Untuk konsep ekstrim, rumah pohon termasuk salah satu di antaranya. Bagaimana tidak, tinggal beberapa meter di atas tanah bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Bisa saja rumah tersebut jatuh atau mungkin penghuninya yang jatuh.

Namun konsep rumah ekstrim rumah di atas pohon ini malah menjadi konsep yang menarik yang dikerjakan oleh Jono Williams. Berawal dari inspirasi rumah pohon, desainer ini akhirnya berhasil membangun The Skypshere.

Awalnya, Jono Williams berencana untuk membangun The Skysphere di atas pohon atau di antara beberapa pohon. Namun Williams mengubah rencananya. Dia ingin membangun rumahnya di atas struktur yang kokoh tidak mudah rusak dan terhempas oleh angin besar.

Williams kemudian membuat ide dengan membangun struktur yang ditopang kolom baja besar. Selain lebih kuat dari pohon, struktur dari kolom baja ini juga bisa dengan mudah dibangun di mana saja.

The Skysphere menawarkan pemandangan 360 derajat. Desain jendela ini memungkinkan untuk melihat pemandangan yang luas dari segala arah. Desain ini sekaligus mengatasi kekurangan rumah jendela konvensional yang hanya memiliki jendela kecil.

Jendela Skysphere memiliki tinggi 2 meter dan keliling 14 meter. Jendela yang tanpa batas ini memungkinkan untuk menikmati keindahan lingkungan dari berbagai bagian rumah. Jika butuh saat yang privasi, terdapat tirai yang bisa diturunkan agar aktivitas di dalam rumah tidak terlihat dari luar.

interior The Skypshere
interior The Skypshere

Williams melihat betul potensi dari rumah pohon modern ini. dia memanfaatkan tenaga surya untuk menciptakan sumber energy listrik di rumahnya. Dia juga memanfaatkan kecanggihan smartphone untuk mengontrol rumahnya. Mulai dari pencahayaan, akses pintu hingga hiburan semua dalam kendali perangkat pintar.

Selain itu, dalam The Skysphere terdapat berberapa fasilitas seperti lemari pendingin, proyektor, system suara tanpa kabel, tempat tidur ukuran jumbo, akses internet dan tangga untuk menuju ke rumah pohon modern ini.

Satu kekurangan dari The Skysphere adalah tidak ada kamar mandi di dalamnya. Hal itu juga disadari oleh Williams. Untuk mengatasi hal tersebut, Williams berencana untuk membangun sebuah kamar mandi kecil yang posisinya terpisah dari rumah.

Untuk mewujudkan rumah pohon modern ini, Williams mengeluarkan dana sebesar 50 ribu dollar AS atau sekitar Rp 699 juta. Namun rumah pohon modern kreasi Williams ini masih belum ia jual. Tapi tidak menutup kemungkinan, rumah tersebut akan tersedia di lain waktu, ungkap Williams.

Leave a Reply