Home >> Lamongan >> Tabung Elpiji di Depo Perbaikan Meledak, 8 Pekerja Alami Luka Bakar Serius
korban ledakan tabung elpiji 3 kg di depo perbaikan tabung di kecamatan tikung

Tabung Elpiji di Depo Perbaikan Meledak, 8 Pekerja Alami Luka Bakar Serius

Beritalamongan.com – Rabu kemarin (26 / 8 / 2015), aktivitas di Depo perbaikan tabung yang ada di Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan berjalan tidak seperti biasanya setelah tabung elpiji 3 Kg meledak. Akibat ledakan tersebut, 8 pekerja mengalami luka bakar yang serius.

Peristiwa ini bermula saat kedelapan pekerja ini melakukan perbaikan pada tabung elpiji. Tiba – tiba terjadi ledakan yang membuat para pekerja tersebut tidak sempat menyelamatkan diri. Ledakan tersebut disebabkan oleh konsleting listrik yang mengeluarkan percikan api sehingga menyulut gas dari tabung yang mengalami kerusakan.

“Para pekerja seperti biasa melakukan pengecekan pada tabung 3 Kg. saat itu, salah satu rekan membuka bagian tutup tabung yang dilakukan perbaikan. Tiba – tiba saja kabel charger laptop milik rekan yang lain konslet. Percikan api yang muncul dari konsleting itu langsung menyambar gas yang keluar dari tabung yang telah terbuka itu. Ledakan terjadi dan api langsung membesar,” kata Bekti salah satu korban ledakan tabung elpiji 3 kg.

Ardi, salah satu pekerja di Depo perbaikan tabung di Kecamatan Tikung, menuturkan saat itu percikap api berlangsung sangat cepat. Lantas api langsung membesar dan menyambar para pekerja yang saat itu posisinya saling berdekatan. Api baru padam setelah gas yang terdapat dalam tabung tersebut habis.

“kobaran api dari tabung yang meledak cukup besar hingga mengakibatkan luka bakar serius,” kata Ardi.

Delapan korban yakni Darmanto (21), Rifki Alfian Arid (19), M Teddy (21), M Mambaul Huda (36), Ahmad Arif (19), Ardi Widianto (25), Akhmad Subekti (19) dan Rio Dwi (27) telah menjalani perawatan di Puskesmas Tikung. Luka bakar yang dialami pekerja antara 10 persen hingga 50 persen. Mereka mengalami luka bakar di sejumlah anggota tubuh mulai dari kepala, tangan dan juga kaki.

Untuk mengetahui lebih pasti penyebab dari ledakan tabung elpiji 3 kg yang melukai kedelapan 8 pekerja itu, pihak kepolisian telah meminta keterangan dari sejumlah saksi. Petugas juga menyita laptop, tabung elpiji dan dokumen para pekerja yang menjadi korban ledakan tabung gas tersebut.

Leave a Reply