Home >> Bisnis >> Harga Daging Ayam Mendekati Harga Daging Sapi
Penjual daging ayam terpaksa menaikan harga daging ayam yang mereka jual sebab harga daging ayam dari pemasok juga sudah tinggi

Harga Daging Ayam Mendekati Harga Daging Sapi

Beritalamongan.com – Harga daging sapi yang masih mahal, tidak hanya membuat pusing para pembeli tetapi juga membuat para penjual daging ogah untuk berjualan. Beberapa bahkan sempat mogok berjualan lantaran harganya sudah di luar kemampuan daya beli. Jika mereka memilih menjual dengan menaikan harga maka konsumen akan lari tetapi jika tidak dinaikan maka mereka sendiri yang merugi.

Kondisi yang sulit dengan kenaikan harga daging sapi semakin diperparah lagi dengan harga daging ayam yang ikut – ikutan naik. Kenaikan harga daging ayam bahkan hampir menyamai dengan kenaikan harga daging sapi yang mencapai 30 persen hingga 40 persen.

Jika harga daging ayam ras sebelum mengalami kenaikan dijual Rp 25ribu hingga Rp 30 ribu, kini harga daging ayam sudah menyentuh harga kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Begitu juga dengan harga daging ayam kampung yang biasanya dijual Rp 50 ribu perkilogramnya kini telah naik menjadi Rp 65 ribu perkilogram.

Penjual daging ayam terpaksa menaikan harga daging ayam yang mereka jual sebab harga daging ayam dari pemasok juga sudah tinggi bukan karena stok dagingnya yang tidak ada.

“harga pengambilan sudah sangat tinggi sekali, jadi mau tidak mau harga daging ayam juga kita naikan. Kita sudah meminta supaya harga diturunkan tetapi sepertinya masih belum ada respons dari pemasok,” kata Sulaiman, salah satu penjual daging ayam.

Ribut Sitinjak (41) juga mengutarakan hal yang sama. Penjual daging ayam yang setiap hari berjualan di Pasar Sukarami itu mengungkapkan kenaikan harga daging ayam karena harga pengambilan dari pemasok sudah tinggi.

Ribut sendiri mengaku tidak bisa berbuat apa – apa dengan keadaan ini. pria 41 tahun ini menambahkan kenaikan harga daging ayam ini adalah permainan. Melakukan mogok berjualan seperti pedagang yang lain menurutnya juga tidak ada gunanya.

Para pedagang daging ayam ini hanya berharap supaya pemerintah bisa segera kembali menstabilkan harga daging ayam agar mereka bisa kembali berjualan.

“kita menunggu pemerintah. Biasanya kalau harga daging sapi turun maka harga daging ayam akan ikut turun,” ujarnya.

Di tengah dollar yang terus naik, daya beli masyarakat diakuinya juga ikut menurun. Jika harga daging ayam ini terus meroket mereka khawatir kondisi ini akan semakin menyulitkan semua pihak.

Leave a Reply