Home >> Nasional >> Demo Petani Garam yang Salah Alamat
ilustrasi : demo petani garam

Demo Petani Garam yang Salah Alamat

Beritalamongan.com – Sekelompok orang yang tergabung dalam Forum Asosiasi Petani Garam Indonesia wilayah Madura melakukan demo di depan gedung Kementrian Perdagangan (Kemendag). Namun Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri, Karyanto Suprih mengatakan aksi penyampaian aspirasi petani garam tersebut salah alamat. Pihak Kementrian Perdagangan di sini hanya menerima rekomendasi izin untuk impor garam.

“demo para petani garam itu menurut saya salah alamat. Kita kan bagian menerima rekomendasinya saja,” kata Karyanto Suprih di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta pada hari Rabu (19 / 8 / 2015).

Dijelaskanya, sejak tahun 2013 Kementrian Perdagangan belum pernah menerbitkan impor garam untuk kebutuhan konsumsi. yang diterbitkan adalah impor garam untuk keperluan industry.

Garam industry yang dimaksud terdiri dari dua jenis yaitu garam industry high tech dan industry kimia dan sebagainya dan industry aneka pangan. Itu pun juga harus melalui rekomendasi dari Kementrian Perindustrian untuk melakukan impor.

Sementara jika ditanya tentang kualitas bagus tidaknya garam adalah bagian dari Kementrian Perindustrian.

“garam itu kan permintaan dari industry. Mereka bukan hanya membutuhkan NhClnya saja tetapi juga di dalam garam tersebut juga harus mengandung logam dan lain sebagainya. Nah, yang jelas yang tahu betul teknisnya itu adalah Kementrian Perindustrian,” katanya.

Jadi dalam hal ini, aksi aspirasi oleh masyarakat petani garam tersebut kurang tepat sasaran. Seharusnya mereka menggelar aksi tersebut ke Kementrian Perindustrian. Sebab, dari Kementrian Perdagangan hanya memberikan rekomendasi atas permintaan impor garam yang dibutuhkan untuk keperluan industry bukan untuk keperluan konsumsi.

Namun pernyataan ini menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti cukukp aneh. Sebab menurutnya baik garam industry maupun garam rumahan keduanya bisa dikonsumsi.

“kalau ada yang bilang garam industry tidak bisa dimakan bagi saya itu agak aneh. Sebab, semua garam bisa dimakan,” kata Susi.

Susi menambahkan, garam industry memang mempunyai kualitas yang bagus, sangat bersih, kandungan NaCl tinggi, magnesium rendah dan karda air juga rendah oleh karena itu garam industry juga banyak dikonsumsi.

Leave a Reply