Home >> Peristiwa >> Seluruh Penumpang Trigana Air Tewas
Pesawat Trigana Air

Seluruh Penumpang Trigana Air Tewas

Beritalamongan.com – Pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 267 dilaporkan hilang kontak saat sedang dalam perjalan dari Bandara Sentani menuju Bandara Oksibil pada hari Minggu (16 / 8 / 2015) pada pukul 14.55 WIT. Beberapa saat kemudian tim pencarian berhasil menemukan puing – puing yang diduga bagian dari pesawat Trigana Air. Setelah dipastikan bahwa benar puing – puing tersebut adalah bagian dari pesawat, tim SAR segera diturunkan ke lokasi.

Posisi jatuhnya pesawat Trigana Air berada di kawasan Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Lokasi tersebut berada sekitar 13 kilometer dari Bandara Oksibil. Selain jauh, rute yang akan dilewati juga menyulitkan tim pencarian untuk menjangkau lokasi. Namun tim pencarian berusaha dengan maksimal menuju lokasi tersebut.

Tim SAR yang melalui jalur darat akhirnya berhasil menjangkau lokasi dan benar saja puing – puing tersebut merupakan bagian dari pesawat Trigana Air yang hancur setelah menabrak gunung. Seluruh korban yang berjumlah 54 orang berhasil ditemukan.

“seluruh korban sudah ditemukan,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo kepada wartawan pada Selasa (18 / 8 / 2015).

Sayangnya seluruh korban yang berhasil ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Mengingat lokasi dan jalur darat yang sulit untuk dijangkau, evekuasi para korban akan dilakukan dengan metode hoisting.

Sementara tim juga masih mencari black box pesawat Trigana Air yang hingga berita ini diturunkan belum ada kabar terkini tentang penemuan black box pesawat tersebut.

“blackbox masih dicarai,” kata Soelistyo.

Keberadaan blackbox ini sangat penting untuk mengungkapkan penyebab sebenarnya jatuhnya pesawat Trigana Air ini. blackbox biasanya berisis rekaman penting dalam kokpit pesawat. Semua yang terjadi mulai dari pembicaraan pilot dengan ko pilot atau dengan awak kru yang lain bisa diketahui dari alat tersebut.

Dari ke 54 orang korban meninggal pesawat Trigana Air, 49 orang merupakan penumpang pesawat sementara 5 orang lain adalah kru pesawat. Belakangan informasi terbaru menyebutkan pesawat nahas tersebut juga sedang membawa uang miliaran rupiah yang kemungkinan juga ikut terbakar di dalam pesawat.

Leave a Reply