Home >> Olahraga >> Hal Penting yang Harus Diperhatikan Barca dari Kekalahanya
protes Pique saat diganjar kartu merah di Piala Super Spanyol 2015

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Barca dari Kekalahanya

Beritalamongan.com – Inilah pukulan yang menyakitkan yang harus dialami oleh Barcelona ketika melihat sang tamu, Athletic Bilbao merayakan pesta juara di Camp Nou. Sebagaimana yang diketahui, pada leg kedua Piala Super Spanyol dini hari tadi (18 / 8 / 2015), hanya meraih hasil imbang Barcelona dikalahkan Bilbao dengan agregat 1 – 5. Sungguh hasil yang sangat mengejutkan. Sebab, di atas kertas skuat arahan Luis Enruque itu seharusnya bisa meraih kemenangan dan kembali menambah trofi yang kelima. Namun hasil di lapangan sudah menjadi keputusan final. Sang peraih treble winner plus Piala Super Spanyol harus tunduk ditangan Les Leones.

Dari kekalahan ini, ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh Barcelona khususnya bagi sang pelatih Luis Enrique. Kedua hal tersebut tidak bisa dianggap enteng apalagi komposisi tiap tim di musim 2015 – 2016 sudah banyak yang berubah. Dua hal penting yang harus diperhatikan oleh Barcelona antara lain:

Absenya salah satu pilar Trio MSN

Selain kegagalan Barcelona di Piala Super Spanyol 2015, sebelumnya Barcelona juga mengalami kegagalan di tur pramusim di Amerika dalam International Club Champions 2015. Saat itu, Barcelona tampil tanpa diperkuat oleh trio MSN yang terdiri dari Messi, Suarez dan Neymar. Hanya Suarez yang terlihat mengambil bagian dalam tur pramusim tersebut. sementara Messi dan Neymar masih diistirahatkan usai melakoni partai penting bersama Negara di Copa Amerika 2015.

Di pertandingan UEFA Super League 2015, Barcelona sudah kembali diperkuat oleh Messi namun Neymar masih absen. Trio MSN Barcelona masih belum lengkap saat mereka harus meladeni Sevilla yang juga merupakan klub La Liga.

Ketidak lengkapan Trio MSN Barcelona saat itu menjadi pusat perhatian. Apalagi lagi dalam laga adu gengsi tersebut hampir saja laga dilanjutkan ke babak adu penalty anda saja Pedro yang baru dimasukan tidak menciptakan gol kemenangan. Pertandingan berakhir dengan skor 5 – 4 untuk kemenangan Barcelona.

Lebih parah laga pada laga kontra Bilbao di Piala Super Spanyol 2015. Barcelona benar – benar dibuat tak berdaya dengan skor 4 gol tanpa balas. Lagi, Neymar masih absen karena mengalami masalah dengan tenggorokanya. Pedro yang diturunkan sebagai pelengkap trisula Blaugrana juga tidak bisa berbuat banyak untuk timnya.

Banyak pihak yang kemudian menilai, skuat arahan Enrique harus bisa meningkatkan daya serangnya apalagi ketika salah satu personel Trio MSN absen. Barcelona setidaknya harus memiliki pemain pelapis yang memiliki kapasitas mendekati level personel Trio MSN.

Lini pertahanan

Tidak ada yang meragukan kemampuan menyerang Barcelona apalagi jika Trio MSN bermain lengkap. Namun satu yang menjadi catatan penting adalah lini pertahanan Barcelona . Benar saja dalam dua laga terakhir, Blaugrana telah kebobolan sebanyak delapan kali. Duet Pique – Mascherano atau Bartra – Vermaelen masih sering membuat kesalahan. Rapuhnya pertahanan Barcelona ini jika tidak dibenahi akan menjadi bulan – bulanan para lawan apalagi para rival telah banyak yang berbenah dengan komposisi pemain terbaru di musim 2015 – 2016.

Leave a Reply