Home >> Wisata >> Kuliner >> Membedakan Lumpia dan Risoles
perbedaan lumpia dan risoles

Membedakan Lumpia dan Risoles

Beritalamongan.com – Lumpia dan Risoles, kedua jenis jajanan ini terlihat serupa. Namun kenapa ya keduanya dibedakan? Anda mungkin juga penasaran ingin tahu perbedaan keduanya. Baiklah, langsung saja kita simak ulasanya dibawah ini.

Beberapa orang mungkin pernah keliru ketika ingin membeli lumpia tapi yang diambil malah risoles. Memang sepintas keduanya sama. Akan tetapi jika diamati lebih dekat lagi anda akan tahu perbedaanya.

perbedaan lumpia dan risoles

Yang pertama, perhatikan ukuranya. Risoles memiliki ukuran yang lebih lebar dari pada lumpia. Secara umum, lumpia memiliki bentuk yang pipih, panjang dan lebih berisi. Gak percaya, coba ambil satu potong lumpia dan risoles kemudian coba disandingkan. Maka anda akan tahu perbedaanya.

Yang kedua, perhatikan kulitnya. Bukan warnanya yang akan kita bandingkan tetapi tebal dan tipisnya kulit keduanya. Risoles memiliki kulit yang lebih tebal dan empuk. Sementara lumpia memiliki kulit yang lebih tipis dan garing. Yang membuat kulit lumpia lebih tipis adalah pada saat proses pembuatan adonan kulit, bahan dasar seperti susu dan campuran tepung beras tidak dicampur menjadi satu. Sedangkan risoles menggunakan kedua campuran bahan tersebut sehingga kulitnya lebih tebal dan empuk saat digigit.

Jika bagian luarnya sudah dibahas, sekarang lanjut ke bagian dalam alias isian. Baik risoles maupun lumpia, kedua bisa diisi dengan berbagai isian. Biasanya isian yang dimasukan ke dalam kulit lumpia adalah rebung, daging ayam atau daging udang. Beberapa penjual lumpia juga ada yang memasukan bihun atau mi putih bersama dengan isian yang lain. Sementara risoles memiliki isian yang terdiri dari potongan sayuran seperti wortel, kentang dan lain sebagainya. Namun untuk isian risoles sekarang lebih bervariasi, ada yang memasukan isi telur mayones hingga daging asap ke dalamnya. Namun untuk isian pun terkadang lumpia juga memasukan aneka sayuran dan daging seperti yang dimasukan ke dalam kulilt risoles.

Apa pun aneka isianya, rasanya akan sangat nikmat jika jajajan itu dimakan selagi hangat. Ditambah cocolan saus pedas atau sambal maka jajajan ini akan semakin mantap. Untuk soal harga juga bervariasi tergantung dari isi dan di mana anda membelinya. Jika membelinya di penjual pinggir jalan tentu harganya lebih ekonomis. Tetapi jika membelinya di mal, silahkan cek sendiri berapa harganya.

Leave a Reply