Home >> Peristiwa >> Makam Terbongkar Secara Misterius
ilustrasi: kasus pembongkaran makam

Makam Terbongkar Secara Misterius

Beritalamongan.com – warga yang tinggal di sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung baru di Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau dibuat geger setelah sejumlah makam terbongkar secara misterius.

Kejadian terbongkarnya makam secara misterius itu dibenarkan oleh Kapolres Inhil, AKBP Hadi Wicaksono. Diakuinya hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki pelaku serta motif dibalik kasus ini.

“kami mendapat informasi dari Kepala Desa Kateman terkait adanya pembongkaran makam. Lalu saya perintahkan Polsek Kateman untuk ke lokasi,” kata AKBP Hadi Wicaksono.

Menurut keterangan dari Kepala Desa setempat, aksi pembongkaran makam di TPU Kampung Baru sudah terjadi sejak bulan lalu. Ada enam makam yang telah terbongkar secara misterius. Pembongkaran makam tersebut tidak dilakukan sekaligus tetapi dilakukan secara bergantian.

“kasus pembongkaran makam ini baru dilaporkan sebab warga masih mencari tahu apakah makam tersebut sengaja dibongkar oleh orang tidak bertanggung jawab atau hanya karena ulah binatang,” kata Kapolres Inhil.

Kasus tersebut masih dalam penyelidikan Polres Inhil dan Polsek Kateman. Mereka juga telah memeriksa pihak keluarga almarhum atau keluarga dari makam yang terbongkar secara misterius itu. Beberapa dari makam yang telah terbongkar juga sudah ada yang diperbaiki oleh pihak keluarga.

Entah motif apa yang melatar belakangi pembongkaran makam tersebut juga masih dalam penyelidikan. Kasus serupa sebenarnya juga pernah terjadi di beberapa daerah yang lain dan motif yang melatar belakangi juga bermacam – macam mulai dari keperluan spiritual hingga pembongkaran karena mencari harta yang terkubur di dalamnya.

Tentu, yang masih membekas adalah kasus pembongkaran makam yang dilakukan oleh seorang pria dengan inisial S. Motif yang dilakukan oleh S saat itu adalah keperluan spiritualnya. Dia bahkan mengambil mayat yang terkubur di dalamnya yang kemudian ia masak dan ia makan. Selain dimakan, S juga mengambil alat kelamin korban yang kemudian ia pakai sebagai kalung. Kasus pembongkaran makam yang lain adalah karena mengincar harta benda berharga yang dikubur bersama mayat seperti cincin dan kalung emas.

Leave a Reply